Generic Banner

Rabu, 05 September 2018

Contoh Teks Berita

Contoh 1 :
Kebakaran Dayah Samahani Musnahkan 12 Ruang Belajar

Kebakaran Dayah Nurul Hikmah di Desa Leupueng Cut Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar menghanguskan 12 ruang belajar milik lembaga pendidikan keagamaan tersebut.

Laporan yang dipublish Pusdalops PB BPBD Aceh Besar menyebutkan, dayah yang berlokasi di Leupueng Cut itu dipimpin Ustaz M Saleh (70). Kejadiannya pukul 17.05 WIB.

BPBD Aceh Besar mengerahkan 8 unit armada pemadam dari Pos Sibreh ke lokasi kejadian. Api berhasil dikuasai pukul 18.15 WIB.

Bangunan dayah yang berlokasi tidak jauh dari pinggiran Jalan Nasional Banda Aceh-Medan itu berkonstruksi dua lantai. Yang terbakar sebanyak 12 ruang kelas belajar, enam ruang di lantai atas dan enam ruang di lantai bawah.

Kerugian akibat kebakaran masih dalam pendataan sedangkan penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik, namun untuk penyebab pasti masih dalam pengusutan pihak kepolisian.

Tim yang terlibat dalam penanggulangan kebakaran tersebut dari TNI/Polri, relawan RAPI, dan masyarakat setempat. (*)

Contoh 2 :
Wanita di Sidoarjo Tewas Terpental dari Motor dan Terlindas Truk

Patroli, Jawa Timur – Ditemani keluarga dan kerabatnya, Heni Cahyani tak henti-hentinya menangisi kepergian Julaikah, temannya yang tewas akibat kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya By Pass Lingkar Barat, Sidoarjo, Jawa Timur.

Seperti yang ditayangkan Patroli Siang, Rabu (19/7/2017), kejadiannya bermula ketika Heni dan Julaikah berboncengan menggunakan sepeda motor matik dari Sidoarjo menuju Surabaya. Diduga karena tersenggol truk gandeng yang melintas, Heni tak mampu mengendalikan motor dan menabrak pembatas jalan.

Nahas bagi Julaikah yang duduk di bangku belakang. Dia terpelanting dan tewas setelah terlindas ban belakang truk

Korban langsung dilarikan ke RSUD Kabupaten Sidoarjo, sedangkan sopir dan truk gandengnya diamankan di Mapolresta Sidoarjo untuk penyelidikan lebih lanjut.


contoh 3 :
Longsor Kembali Hantui Warga Garut

Sejumlah titik longsor bermunculan di Kabupaten Garut Jawa Barat usai hujan melanda di daerah itu selama hampir sepekan.

Di Kampung Cigedogan Desa Mekarjaya Garut misalnya, tebing setinggi 10 meter dilaporkan ambruk dan menutup akses transportasi dari Kecamatan Bungbulang menuju Kecamatan Caringin.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun material berupa tanah dan batuan setebal tiga meter menutupi akses jalan sepanjang 10 meter.

“Kami bersama warga sedang mengupayakan agar kendaraan roda dua bisa lewat jalur tersebut, sambil menunggu alat berat dari Provinsi Jabar,” ujar Camat Bungbulang Heri Hermawan, Senin, 29 Mei 2017.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Imat menambahkan bencana longsor juga menimpa akses transportasi di jalur Kecamatan Cikajang. Di mana ada tiga kecamatan, yakni Banjarwangi, Singajaya dan Peundeuy yang kini terputus.

“Masyarakat masih berupaya membersihkan material tanah yang menutupi badan jalan,” ujarnya.


contoh 4 :
Banjir Terjang Bangka Belitung, Arus Lalu Lintas Tersendat

Banjir melanda puluhan rumah di Desa Delas, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung. Banjir juga mengakibatkan arus lalu lintas tersendat.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Kamis (18/7/2017), sedikitnya 47 unit rumah warga terendam akibat alur sungai meluap setelah hujan deras.

Banjir yang berasal dari alur sungai ini meluber cukup deras menerjang puluhan rumah warga di sekitarnya dengan kedalaman air mencapai 80 sentimeter.

Banjir membuat arus lalu lintas tersendat. Melihat kondisi ini pihak kepolisian dibantu warga sekitar membuat barikade untuk menuntun kendaraan yang melintas agar tidak terjebak di tengah kubangan air.


contoh 5 :
Fraksi-fraksi DPR Debat soal Waktu Voting RUU Pemilu

Jakarta – Sepuluh fraksi di DPR menyampaikan sikap terkait waktu pengambilan keputusan terkait pembahasan RUU Pemilu. Debat tak dapat dihindari.

Pimpinan DPR, Fadli Zon, menyebut hasil lobi mengerucutkan dua paket isu RUU Pemilu, yakni paket A atau B. Fadli lalu meminta persetujuan waktu voting. Apakah malam ini atau Senin depan.

PDIP, Golkar, PKB, PPP, NasDem, dan Hanura sepakat voting malam ini. Sisanya, Gerindra, PKS, dan PAN meminta perpanjangan lobi. Sementara itu, Demokrat siap voting malam ini namun tak tanggung jawab soal isu PT.

“Kami siap mengambil keputusan malam hari ini namun kalau ada PT kami tak ikut bertanggung jawab,” kata Didik Mukrianto.

PAN lalu mengatakan siap voting malam ini. Namun, mereka minta diberi kesempatan menyampaikan beberapa hal.

“Kalau misalkan tadi sudah menginventarisir mayoritas fraksi meminta hari ini tak masalah. Izinkan menyampaikan beberapa hal sebelum keputusan dilaksanakan,” sebut Yandri.

Fadli lalu mendapat hujan interupsi baik dari anggota maupun penonton di balkon. Fadli pusing.

“Wartawan catat pimpinannya nggak tegas,” teriak penonton.

“Bentar, ini banyak sekali yang interupsi,” ujar Fadli.
(gbr/erd)

contoh 6 :
Terjun ke Balap Sepeda, M. Fadli Tetap Jadi Instruktur Balap Motor

Jakarta – Muhammad Fadli akan turun di Asian Paracycling Championship. Meski sudah terjun ke dunia balap sepeda, Fadli disebut tetap memprioritaskan pekerjaannya sebagai instruktur balap motor.

Fadli akan mewakili Indonesia di nomor Individual Time Trial kategori C4 pada Kejuaraan Asia Para-Cycling, 24 Februari-3 Maret mendatang, di Bahrain. Itu menjadi ajang pertamanya setelah banting setir dari dunia balap motor. Fadli juga menjadi wakil Indonesia pertama di level Asia.

Anggono Iriawan, Senior Manager Safety Riding dan Motorsport PT Astra Honda Motor, menyatakan dukungannya untuk Fadli. Anggono juga mengatakan bahwa Fadli sudah berkomunikasi dengannya terkait partisipasi dalam kejuaraan di Bahrain.

“Kalau izin, dia sudah bilang kepada kami bulan kemarin untuk ke Bahrain. Tapi dia bilang, prioritas pertama dia tetaplah jadi instruktur balap di Astra Honda karena di luar itu dia juga masih punya sekolah racing miliknya sendiri. Jadi jika waktu tidak benturan dan merepotkan ya tidak apa-apa,” kata Anggono saat dihubungi detikSport, Jumat (10/2/2017).

Anggono menambahkan, sejak menjadi pebalap Honda pada 2014, Fadli memang merupakan sosok berkarakter. Menurutnya, Fadli memiliki mental kuat dan terkenal supel. Tak hanya itu, Fadli juga cukup dihormati, bukan hanya oleh pebalap-pebalap seangkatannya, tetapi juga oleh para juniornya.

“Fadli ini termasuk rider top Indonesia, itu yang pertama. Memang sangat disayangkan waktu kejadian itu terjadi, padahal saat itu dia sedang di top performance-nya kelas 600cc,” ujar Anggono.

“Dia juga punya mental yang kuat, supel, dan kami melihat apa yang dicita-citakan Fadli memang belum kesampaian. Makanya, kami harap apa yang dimimpikan Fadli bisa tertular ke juniornya. Jadi memang secara figur Fadli di-respect dengan pebalap seangkatan dia, apalagi yang di bawahnya.

“Harapan saya Fadli bisa berprestasi karena ini kali pertama dan langsung main di Kejuaraan Asia. Saya rasa dari PB ISSI menunjuk dia karena ada data, bukan hanya mengirim karena bekas pebalap. Yang pasti dia akan melakukan yang terbaik. Kalau juara tentu kami alhamdullilah,” katanya.

contoh 7 :
Mahasiswa Autis Di-Bully, Kampus Wajib Miliki Unit Pelayanan Khusus Disabilitas

JAKARTA – Kasus bullying yang dialami seorang mahasiswa Autis di Universitas Gunadarma, Jakarta menyita perhatian publik terkait pelayanan kampus.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Maman Imanulhaq menyebut perguruan tinggi di Indonesia wajib memiliki unit pelayanan bagi kaum disabilitas untuk mencegah bullying kembali terjadi.

“Di Indonesia cuma 3 yang baru menerapkan undang-undang tersebut. Yakni universitas Brawijaya, UI (Universitas Indonesia) dan UGM (Universitas Gadjah Mada). Yang lain belum,” kata Maman di Kantor Okezone, baru-baru ini.

Kasus bullying di Universitas Gunadarma, kata dia, menjadi salah satu bukti berapa sulitnya implementasi setiap undang-undang yang telah dirancang oleh DPR. Jika undang-undang yang disahkan namun tidak dijalankan, maka hanya akan jadi omong kosong belaka. Ia pun meminta seluruh institusi terkait untuk berkoordinasi menyelesaikan masalah ini.

“Kemudian kita ini bisa bangun koordinasi antar institusi. Di sini memang ada Kementerian Sosial, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, juga kepolisian (untuk menyelesaikan kasus bullying),” jelasnya.

Sebelumnya, mahasiswa Gunadarma bernama Muhamad Farhan menjadi korban bullying teman-temanya dan menjadi video viral di media sosial. Akibat perlakuan tersebut, korban mengalami trauma berat. Sebab hal itu ia rasakan sejak awal masuk kuliah.

13 pelaku bullying kepada Farhan akhirnya diberi sanksi oleh pihak kampus. Keputusan tersebut dibacakan oleh Wakil Rektor III Universitas Gunadarma, Irwan Bastian. Ke-13 pelaku bullying tersebut dihukum sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.

Tiga mahasiswa dengan pelanggaran berat yakni AA, YLL, dan HN dikenakan skorsing 12 bulan. Satu orang berinisial PDP diskorsing selama enam bulan karena terlibat dalam video tersebut sambil berteriak-teriak. Sedangkan sembilan orang lainnya diberikan peringatan tertulis karena terlihat dalam video melakukan pembiaran
Sungai Ciliwung Meluap, 2 Desa Terendam Banjir Setinggi 3 Meter

Terjadi banjir bandang disekitar sungai ciliwung, banjir tersebut diduga karena hujan yang turun sangat deras dari jam 19.00 WIB hingga pagi jam 09.00 WIB. 2 Desa terendam dan banyak keluarga yang mengungsi di kampung sebelah.

Sekitar 137 kepala keluarga kehilangan tempat tinggalnya karena banjir. Pemerintah segera memberikan bantuan berupa tempat pengungsian air bersih, makanan, minuman, obat-obatan dan pakaian.

Sebelumnya juga pernah terjadi banjir di desa ini sekitar dua tahun yang lalu, tetapi banjir tahun ini lebih besar dibandingkan dengan tahun kemarin. Salah satu penyebabnya juga diduga karena kebiasaan masyarakat sekitar yang membuang sampah sembarangan di sungai ciliwung sehingga terjadi banjir ketika musim hujan datang.

contoh 8 :
Persaingan Pencalonan Gubernur DKI Jakarta Semakin Memanas

Tinggal menghitung bulan, Jakarta yang merupakan ibukota Indonesia akan memilih wakil rakyat yakni Gubernur baru mereka karena masa jabatan Gubernur sebelumnya yang masa baktinya akan habis.

Dalam pencalonan dan pemilihan Gubernur Jakarta tahun ini akan sangat panas, sebab akan diisi oleh beberapa kandidat dari Partai Politik dan juga Independent. Beberapa calon diantaranya yaitu Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih kita kenal dengan pak Ahok ini juga akan kembali mendaftar sebagai calon Gubernur Jakarta.

Lalu ada Anies Baswedan yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan juga ada Agus Harimurti Yudhoyono yang sebelumnya mengabdi sebagai TNI.

Persaingan di antara ketiganya akan berjalan sengit karena semuanya datang golongan orang yang berprestasi. Selain itu, perang gagasan dan visi misi juga sudah bertebaran di media masa. Untuk itu, kita tunggu saja siapa yang menjuarai pesta demokrasi periode 2017-2022 mendatang.

contoh 9 :
Soal Bocor, UN Diulang???

Bocornya soal ujian nasional untuk tingkat SMP yang dilaksanakan pada Rabu, 23 April 2015 merupakan berita besar untuk pelaksanaan ujian tahun ini. Menteri Pendidikan, Anies Baswedan mengatakan bahwa pelaku yang membocorkan soal ujian sudah diselidiki. Ia memaparkan bahwa pelaku pembocoran akan diproses hukum sesuai pasal yang berlaku.

Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh PUSPENDIK atau Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud, telah ditemukan sebanyak 30 buklet soal dari 11.730 yang diunggah ke internet secara ilegal.

Setelah mendapat laporan tersebut, Menteri Pendidikan segera melakukan koordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informasi untuk memblokir tautan di Google yang berisi konten ilegal tersebut. Kerjasama pun dilakukan dengan pihak Google dalam upaya pemblokiran konten tersebut.

Diduga kebocoran soal UN ini melibatkan oknum dari pihak percetakan negara yang sudah ditunjuk untuk mencetak semua soal-soal ujian nasional. Penggeledahan pun dilakukan secara internal oleh pihak percetakan untuk mengetahui siapa sesungguhnya dibalik peristiwa ini.

Bocornya soal ujian nasional ini masih menjadi pertimbangan Menteri pendidikan untuk mengadakan kembali ujian ulang atau tidak. Tetapi kemungkinan besarnya adalah ujian tidak akan diulang, hal ini berdasarkan pertimbangan yang menyangkut besarnya nilai biaya pembuatan soal.


contoh 10 :
Rem Blong, Sebuah Mobil Mewah Menabrak Pembatas Jalan

Telah terjadi sebuah kecelakaan hebat kemarin malam di Jalan Tol Cipali pada tanggal 4 Maret 2015, sebuah Mobil Mewah ini dikemudikan oleh seorang anak muda yang bernama Agus, ia mengemudikan mobil dengan kecepatan diatas 120 KM/Jam.

Mobil bernomor polisi B 3641 AH itu menabrak sebuah pembatas jalan sebab mengalami rem blong pada mobilnya. Mobil Ferarri berwarna merah itu untungnya tidak membuat kecelakaan hebat karena pada saat itu Tol Cipali terlihat macet dari arah sebaliknya.

Untungnya dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, hanya saja sang pengemudi mengalami luka berat dan kini masih di rawat di Rumah Sakit terdekat.

Akibat Lilin, Sebuah Rumah Hangus Terbakar Di Lalap5 Si Jago Merah

Sebuah kejadian tak terduga terjadi komplek perumahan Griya Jaya di Bekasi kemarin malam jam 22.14 WIB . Rumah milik keluarga pak Andi itu terbakar dan hangus tak tersisa. Peristiwa itu terjadi karena sang pemilik rumah yang menaruh lilin di atas lemari kayu miliknya.

Untungnya saat kejadian sang pemilik rumah, pak Andi sedang pergi tahlilan di rumah tetangganya, sedangkan istrinya sedang pulang kampung. Dalam musibah itu, pak Andi mengalami kerugian kurang lebih sekitar Rp 800 juta termasuk beberapa dokumen penting seperti Akta kelahiran, Ijazah dan surat-surat tanah miliknya.

Contoh Naskah berita untuk presenter berita dan VO

(PEMBUKAAN)
SELAMAT SIANG PEMIRSA BERJUMPA LAGI BERSAMA SAYA/ AHMAD FAUZI DALAM BERITA DUNIA// SELAMA 30 MENIT BERBAGAI INFORMASI TERKINI DAN TERPERCAYA AKAN MENEMANI AKTIFITAS ANDA SIANG INI//
LANGSUNG SAJA KITA SIMAK BERITA PERTAMA
TELAH TERJADI TSUNAMI DI PESISIR TIMUR JEPANG PADA PUKUL 14.46 WAKTU SETEMPAT ATAU PUKUL 11.46 WAKTU INDONESIA BARAT// HINGGA LAPORAN INI DITURUNKAN/ BENCANA INI DIPERKIRAKAN TELAH MENELAN LEBIH DARI 1000 KORBAN JIWA//
(MASUK VIDEO)
(VO VIDEO)
TSUNAMI INI TERJADI KARENA GEMPA YANG BERKEKUATAN 8,8 SKALA RIKTER DENGAN KEDALAM 24 KM YANG BERPUSAT 130 KILOMETER DI SEBELAH TIMUR HONSHU ATAU 373 KILOMETER TENGGARA TOKYO//
GEMPA INI MEMANG TELAH DIPERKIRAKAN OLEH BMKG JEPANG// WARGA DI WILAYAH PESISIR PANTAI TIMUR JEPANG SUDAH DI EVAKUASI KE TEMPAT YANG LEBIH AMAN//
KOTA SENDAI ADALAH TEMPAT YANG PALING PARAH TERKENA DAMPAK DARI TSUNAMI INI// SEBAGIAN BESAR GEDUNG DAN FASILITAS RATA DISAPU OLEH GELOMBANG BESAR// KERUGIAN AKIBAT TSUNAMI INI DITAKSIR MENCAPAI RATUSAN MILIYAR DOLAR AMERIKA//
(KELUAR VIDEO)
BERALIH KEDALAM NEGERI/ TERKAIT BENCANA TSUNAMI DI JEPANG/ UCAPAN BELA SUNGKAWA BERDATANGAN DARI BERBAGAI NEGARA DI SELURUH DUNIA/ TERMASUK DARI INDONESIA//
(MASUK VIDEO)
(VO VIDEO)
PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO LANGSUNG MENGGELAR KONFRENSI PERS YANG BERKAITAN DENGAN BENCANA TSUNAMI DI JEPANG//PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO MENYAMPAIKAN RASA PRIHATIN YANG MENDALAM, ATAS MUSIBAH GEMPA DAN TSUNAMI YANG MENGHANTAM JEPANG. PE­MERINTAH SAAT INI JUGA TENGAH BER­KONSENTRASI UNTUK ME­NGUM­PULKAN SELURUH DATA TERKAIT WNI YANG BERADA DI JEPANG. SBY PUN SUDAH MEGINSTRUKSIKAN MENTERI LUAR NEGERI MARTY NATALEGAWA DAN KEPALA BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA (BNPB) SYAMSUL MUARIF UNTUK MENGIRIMKAN TIM PENYELAMAT KE JEPANG.
(PENUTUP)

SEKIAN BERITA DARI KAMI/ SAYA AHMAD FAUZI MEWAKILI KERABAT KERJA YANG BERTUGAS MOHON UNDUR DIRI// SELAMAT BERAKTIFITAS/ DAN SAMPAI JUMPA



CONTOH NASKAH BERITA (LENGKAP,PEMBUKA,ISI,PENUTUP) 3 TOPIK.

Pembukaan.

Assalamualaaikum Wr.Wb.

Selamat siang pemirsa, kembali bersama saya Bejo Basuki dan rekan saya Maya Ahmed yang akan menyampaikan beragam topik menarik yang kami rangkum untuk mengabarkan berita- berita yang teraktual tajam dan terpercaya yang kami rangkum dalam liputan 6 siang ini. Saudara ruang informasi anda siang hari ini akan kami sugukan dengan beberapa berita dari Ibukota.

Isi
Banjir bandang kembali melanda Ibukota, banjir bandang melanda sebagian besar wilayah Jakarta, pada hari ini Rabu 02 Maret 2016 wilayah Jakarta Selatan terendam banjir setinggi 1 meter. Ketinggia banjir masih belum stabil,terkadang mencapai ketinggian hingga 1,5 meter bahkan hingga 180 cm. Belum ada laporan mengenai korban dari banjir siang ini,namun sebagian pemukiman warga mengalami kerusakan yang diperkirakan akan membuat aktifitas tidak bisa dilakukan seperti biasa dan sebagian jalan raya besar mengalami macet total.

Penutup

Berita tadi menutup acara Liputan pagi ini, saya Bejo Basuki dan Maya Ahmed dan segenap kru yang bertugas mengucapkan terimakasih dan sampai jumpa.


CONTOH NASKAH BERITA (LENGKAP,PEMBUKA,ISI,PENUTUP) 3 TOPIK.

Pembukaan.

Assalamualaaikum Wr.Wb.

Selamat siang pemirsa, kembali bersama saya Bejo Basuki dan rekan saya Maya Ahmed yang akan menyampaikan beragam topik menarik yang kami rangkum untuk mengabarkan berita- berita yang teraktual tajam dan terpercaya yang kami rangkum dalam liputan 6 siang ini. Saudara ruang informasi anda siang hari ini akan kami sugukan dengan beberapa berita dari Ibukota.

Pemirsa, Berita selanjutnya yang saya bacakan yaitu dari Kediri, Jawa Timur. Sekitar pukul 22:55 WIB, dari arah Gunung Kelud muncul banyak petir yang menyambar-nyambar. Namun, menurut pihakBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), petir yang sering terlihat sekarang ini bukan disebabkan oleh gunung tersebut.Dalam bahasa Inggris, istilah petir yang muncul bersamaan dengan aktivitas gunung berapi yang meninggi disebut dengan nama dirty thunderstormatauvolcanic lightning.

Penutup

Berita tadi menutup acara Liputan pagi ini, saya Bejo Basuki dan Maya Ahmed dan segenap kru yang bertugas mengucapkan terimakasih dan sampai jumpa.


CONTOH NASKAH BERITA (LENGKAP,PEMBUKA,ISI,PENUTUP) 3 TOPIK.

Pembukaan.

Assalamualaaikum Wr.Wb.

Selamat siang pemirsa, kembali bersama saya Bejo Basuki dan rekan saya Maya Ahmed yang akan menyampaikan beragam topik menarik yang kami rangkum untuk mengabarkan berita- berita yang teraktual tajam dan terpercaya yang kami rangkum dalam liputan 6 siang ini. Saudara ruang informasi anda siang hari ini akan kami sugukan dengan beberapa berita dari Ibukota.

Isi
Setelah Berita Gunung Meletus, Kita beralih ke Ibukota yang akan di bawakan oleh rekan saya Maya Ahmed.
Baik Pemirsa,kembali ke Ibukota pada hari rabu 12 Agustus 2009 hujan deras yang disertai angina kencang telah menumbangkan sebuah pohon yang cukup besar pohon tersebut tepatnya telah menutup jalur busway yang berada di Jl. Sisingamangaraja Jakarta Selatan Sehingga Bus Trans Jakarta dari arah CSW menuju Bundaran Senayan terpaksa melewati jalan umum. Menurut warga setempat kejadian ini terjadi tepatnya pada pukul 15.10 WIB hingga menimbulkan kemacetan yang luar biasa Kejadian ini tidak merenggut korban jiwa.

Penutup

Berita tadi menutup acara Liputan pagi ini, saya Bejo Basuki dan Maya Ahmed dan segenap kru yang bertugas mengucapkan terimakasih dan sampai jumpa.

0 komentar:

Posting Komentar