Generic Banner

Jumat, 05 Februari 2016

Istilah-istilah Dalam Olahraga

Ada banyak istilah-istilah dalam olahraga sepak bola, bola volly, bola basket, bulu tangkis tenis lapangan, tenis meja dan lain-lain dibawah ini adalah istilah-istilah yang dapat dijadikan wawasan keolahragaan.
Istilah-istilah dalam sepak bola

1. Back Heel : Back Heel adalah trik menendang dalam sepak bola yaitu menendang dengan menggunakan tumit kaki. Trik ini cukup ampuh untuk mengelabui musuh.
2. Back Pass : Umpan pemain ke arah penjaga gawang sebagai upaya untuk mengamankan wilayah pertahanan.
3. Ball Possesion : Yaitu istilah untuk penguasaan bola, artinya berapa lama waktu atau prosentase bola jatuh ke kaki total seluruh pemain dari sebuah klub dalam sebuah pertandingan
4. Bicycle Kick : Tendangan akrobatik ke gawang lawan untuk menyambut umpan silang dengan cara melompat membelakangi gawang sambil menendang bola dilewatkan kepala penendang (tendangan salto).
5. Clearing : Menghalau bola di daerah pertahanan sejauh mungkin ke arah depan.
6. Counter Attack : Serangan balik.
7. Diving : Pemain yang sengaja menjatuhkan diri, seolah-olah dilanggar oleh pemain lawan, dengan harapan akan mendapat pelanggaran berupa seperti tendangan bebas atau pinalti.
8. Dribbling : Teknik menggiring (membawa) bola.
9. Scudetto : Adalah gelar untuk klub juara kompetisi serieA liga Italia
10. PARKIR BUS : Adalah strategi menumpuk pemain diarea bertahan dan biasanya hanya menyisahkan 1 pemain depan contohnya strategi chelsea saat menghadapi Barcelona di liga champion beberapa waktu yang lalu.
11. Handsball : Pemain (selain kiper) menyentuh bola dengan tangan. Penjaga gawang juga akan dinyatakan handsball jika menyentuh bola di luar daerah pinalti.
12. Home and away : Home artinya bermain di kandang sendiri dan away bermain dikandang lawan.
13. Intercept : Biasanya disebut cara untuk memotong umpan lawan.
14. Offside : Artinya pemain penyerang berada pada posisi lebih dekat ke gawang lawan dari pada pemain bertahan lawan sebelum bola diumpan oleh rekannya. Faktor yang dapat menggagalkan pemain terkena offside walaupun berada pada daerah offside dengan tidak mengambil bola atau tidak aktif dan saat teman mengoper kita, berdirilah di luar lapangan (jika kita berada di luar lapangan, kita dianggap tidak aktif ) dan masuk ke dalam lapangan mengejar bola. Jika pemain melanggar offside, team B pada perumpamaan diatas akan mendapatkan tendangan bebas tetap di tempat kejadian.
15. Overlap : Istilah yang biasanya digunakan untuk penyerang sayap, yaitu ketika seorang pemain bertahan membantu penyerangan.


Istilah-istilah dalam sepak bola

1. Nutmeg : Adalah operan bola yg melewati kedua belah kaki dari lawan..
2. Pedalada : Teknik menggerakkan kaki menari nari di atas bola seperti mengayuh sepeda untuk menipu lawan, atau kata lain goyang samba.
3. Pertandingan Derby : Adalah pertandingan antara tim sepak bola yang mempertemukan dua tim yang masing-masing memiliki sejarah dan rivalitas tinggi. Pertandingan derby dapat terjadi karena persaingan prestasi antara kedua tim, persaingan antara dua tim satu kota yang membuat pertandingan menjadi bergengsi.
4. Rabona : Rabona atau Laboona adalah teknik dalam menendang bola dimana kaki yang dipakai untuk menendang bola disilangkan di belakang kaki tumpuan.
5. Assist : Pemain yang telah berjasa memberikan umpan kepada kawan setimnya sehingga berbuah gol
6. Roulette : Roulette artinya berputar. Teknik mendribling bola dengan memutar badan sambil bergerak di atas bola.
7. Silver Goal : Ialah istilah untuk gol yang dicetak di masa perpanjangan waktu dimana setelah gol terjadi, maka pertandingan akan dihentikan telah jeda babak perpanjangan terdekat berakhir. Jika goal terjadi di masa perpanjangan pertama, maka pertandingan selesai setelah isitirahat babak tersebut berakhir.
8. Golden goal : istilah untuk gol yang dicetak di masa perpanjangan waktu dimana setelah gol terjadi, maka pertandingan akan langsung dihentikan
9. Sombrero : Sombrero artinya sejenis topi. Teknik mengecoh lawan ini dilakukan dengan mencungkil bola melewati kepala lawan lalu pemain berlari mengejar bola tersebut.
10. Chip ball : Istilah chip ball adalah mencungkil bola untuk mengoper atau menciptakan goal dengan ujung kaki seperti yang sering dilakukan oleh lionel messi ketika membobol gawang lawanya.
11. Suicide Goal (Own Goal) : Gol yang dilakukan ke gawang sendiri (Gol bunuh diri)
12. Tendangan First Time : Tendangan yang dilakukan langsung ke arah gawang setelah menerima umpan dari teman atau bola muntah.
13. Tendangan Gawang : Tendangan yang dilakukan dari daerah gawang sebagai akibat keluarnya bola melewati garis gawang, dimana sentuhan terakhir dilakukan oleh pemain penyerang.
14. Tendangan Pinalti / Penalty : Tendangan yang dilakukan dari titik pinalti di dalam daerah pinalti, dengan jarak 11 meter dari gawang. Tendangan ini terjadi karena ada pemain yang di langgar dikotak pinalti.
15. Tendangan Sudut / Corner Kick : Tendangan dari daerah sudut lapangan karena bola melewati garis gawang setelah menyentuh pemain bertahan.


Istilah-istilah dalam sepak bola


1. Tendangan Voli : Tendangan yang dilakukan ke arah gawang pada saat menerima umpan lambung tanpa menyentuh tanah terlebih dahulu.
2. Top Scorer : Pemain yang paling banyak mencetak gol dalam suatu liga/kompetisi.
3. Total Football : Sistim permainan yang dikembangkan Belanda dengan melakukan serangan secara simultan ke arah gawang lawan oleh semua pemain, selain penjaga gawang
4. Pressing : Pressing adalah suatu cara yang dilakukan oleh pemain atau sebuah tim untuk menekan penguasaan bola dari lawan. Dalam artian tidak memberikan celah sedikitpun bagi lawan untuk menyerang daerah pertahanan kita.
5. Juggling : Ini merupakan sebutan untuk proses mengangkat bola dengan kaki, sama hal nya dengan takraw, bola dalam juggling dimainkan di kaki oleh satu atau banyak orang dengan mengangkat bola berkali-kali.
6. Free Kick : Yaitu sebutan untuk tendangan bebas. Tendangan bebas terjadi jika seorang pemain dilanggar oleh lawannya di luar kotak penalti.
7. Fair Play : Fair play merupakan peraturan yang diberlakukan oleh FIFA (Federasi Sepakbola Dunia) dalam rangka menciptakan permainan yang adil dalam se-pakbola. Slogannya adalah “My Game is Fair Play”, yang biasanya sering kita lihat jika pertandingan resmi akan segera dimulai.
8. Heading : Heading adalah sebutan untuk meyundul bola. Salah satu pesepakbola yang mempunyai kemam-puan mumpuni dalam menyundul bola adalah pemain asal Portugal, Cristiano Ronaldo.
9. Agregat : Jumlah skor setelah bertanding antar kandang dan tandang, misalnya pada leg-1 Chelsea menang 1-0 atas Barcelona. Dan padaa leg ke-2 Chelsea kalah 3-0, berarti agregat dari pertandingan tersebut adalah 1-3 untuk kemenangan Barca.
10. Blunder : Istilah bagi pemain yang melakukan kesalahan, seperti kiper yang gagal dalam menangkap bola dengan sempurna sehingga mengakibatkan gawangnya kebobolan.
11. Kickoff : Awal atau dimulainya sebuah pertandingan
12. Hattrick : Pemain yang mencetak 3 gol dalam satu pertandingan
13. Quattrick : Pemain yang mencetak 4 gol dalam 1 laga/pertandingan
14. Boxing Day : Pertandingan yang liga premier Inggris yang digelar satu hari setelah natal (25 Desember).
15. Pertandingan Derby : Pertandingan derby adalah pertandingan antara tim sepak bola yang mempertemukan dua tim yang masing-masing memiliki sejarah dan rivalitas tinggi. Pertandingan derby dapat terjadi karena persaingan prestasi antara kedua tim, persaingan antara dua tim satu kota yang membuat pertandingan menjadi bergengsi.



Istilah-istilah dalam sepak bola


1. El pichichi : Istilah ini adalah sebutan untuk Topskorer di Liga Spanyol. Tapi istilah ini tidak ada dalam bahasa Spanyol. Istilah ini adalah julukan dari seorang pemain Athletic Bilbao, Rafael “Pichichi” Moreno.
2. Trequartista : istilah dalam bahasa Italia untuk penyerang lubang, yaitu pemain yang berada tepat dibelakgn dua penyerang murni.
3. Espulso : Istilah untuk kartu merah dalam bahasa Italia.
4. Capocanonieri : Adalah sebutan untuk pencetak gol terbanyak di kompetisi serie A liga Italia.
5. Capolista : Istilah untuk klub pemuncak klasemen sementara di liga calcio Italia.
6. Starting eleven : istilah untuk 11 pemain utama yang mengisi sebuah tim sepakbola dan dimainkan sejak menit pertama.
7. Treble winner : Istilah untuk klub pemenang tiga piala dalam tiga kejuaraan yang berbeda dalam satu musim kompetisi.
8. Solo run : Aksi menggiring bola sendirian menuju kotak penalti lawan.
9. Zamora Trophy :Adalah tropi untuk kiper di la liga spanyol yang memegang rekor paling sedikit kebobolan dalam satu musim kompetisi.
10. Injury Time : Adalah waktu tambahan yang diberikan pada sebuah pertandingan sepakbola.
11. ET (Extra Time) : Babak tambahan yg di berikan apabila ke 2 tim bermain imbang karena dalam sebuah laga tersebut salah satu tim di wajibkan untuk menang.
12. FT (Full Time) : Adalah akhir dari sebuah pertandingan /waktu pertandingan telah habis .
13. HT (Half Time) : Adalah pertengahan pertandingan atau waktu jeda/istirahat pada sepakbola,ketika babak pertama habis dan kemudian akan dilanjutkan kebabak ke dua.
14. Big Match : Adalah pertandingan yang mempertemukan 2 klub besar atau klub yg mempunyai rivalitas tinggi misalnya: FC BARCELONA vs REAL MADRID / PERSIB vs PERSIJA.
15. Adu Pinalti : Tendangan pinalti yang di lakukan setelah pertandingan berakhir imbang dan telah melalui babak extra time, biasanya dilakukan oleh 5 orang penendang dari masing-masing tim

Istilah-istilah dalam sepak bola

1. Promosi Tim : Klub-klub yang hebat, yang selalu menang dan menduduki peringkat teratas dalam sebuah liga, seharusnya semakin tinggi kedudukannya. Jadi perlu dipromosikan atau diberikan semacam reward.
2. Degradasi : Sementara bagi klub-klub yang selalu kalah, kurang profesional, menduduki peringkat terendah dalam sebuah liga, juga harus diberikan semacam sanksi atau hukuman (punishment) dengan cara didegradasi. Dikucilkan, diasingkan atau diturunkan peringkatnya dari klub-klub di liga-liga yang ada.
3. Passing : Merupakan proses memberikan atau mengum-pan bola ke-pada teman se-tim. Passing terdiri atas, long pass, back pass, short pass. Salah satu -pese-pakbola
4. Clean sheets : Istilah dalam sepak bola seorang penjaga gawang dalam menjaga gawangnya tidak kemasukan bola selama mungkin dalam beberapa pertandingan
5. Head To Head : laga pertandingan sepakbola yang mempertemukan kedua klub/negara tersebut dalam rentang waktu sedemikian rupa atau catatan statistik pertemuan langsung kedua tim/negara dalam kompetis
6. Jersey : Adalah kustum/baju seragam klub atau timnas dinama jersey ini juga terbagi 2 ada jersey kandang (HOME) atau jersey kandang (AWAY)
7. BALL POSSISION : tim yang paling banyak menguasai jalannya sebuah pertandingan.
8. Crossing : Ialah memberikan umpan silang kepada teman se-tim untuk mencetak gol ke gawang lawan
9. Rasisme : biasanya mempermasalahkan tentang adanya diskriminasi, prasangka, perbudakan atau apartheid, adanya dominasi, dan adanya kesenjangan etnis atau ras.
10. Rival : Persaingan, lawan, seteru abadi dalam dunia sepak bola
11. Ballon d’Or : Ballon d'Or (bahasa Perancis untuk Bola Emas) adalah penghargaan sepak bola yang diciptakan dan dianugerahkan oleh majalah France Football sejak tahun 1956 kepada pemain sepak bola yang penampilannya dianggap terbaik sepanjang tahun sebelumnya.
12. Frindly Match : Sebuah pertandingan persahabatan baik antar negara atau antar klub
13. Big Match :Sebuah pertandingan besar yang terjadi dalam sepak bola misalnya brazil vs spanyol atau Barcelona vs Manchester United.
14. Kartu Kuning : Kartu kuning merupakan peringatan saat pemain melakukan pelanggaran yang enggak sportif, atau melakukan pelanggaran terus menerus, berselisih kata atau bullying antar pemain, keluar masuk pertandingan tanpa persetujuan wasit, atau enggak menjaga jarak dari pemain lawan yang sedang melakukan tendangan bebas atau lemparan ke dalam lapangan.
15. Kartu Merah : Kartu merah merupakan kartu yang sifatnya sangat fatal. Kalau pemain diberikan dua kali kartu kuning, ia berarti mendapat satu kartu merah. Pemain yang mendapat kartu merah harus keluar lapangan dan tim diwajibkan mengganti pemain tersebut.
16. Contoh tindakan yang bisa kena kartu merah adalah pelanggaran fisik yang membahayakan atau menyebabkan cedera pada lawan, meludah, melakukan kekerasan, melanggar lawan yang berusaha mencetak gol, hand ball untuk mencegah gol (kecuali kiper), pakai bahasa enggak senonoh atau bahasa tubuh yang menantang serta kiper melakukan hand ball di luar kotak penalti.
17. Throw in : Lemparan ke dalam atau throw in lebih sering dikenal sebagai cara untuk mengembalikan bola ke dalam lapangan setelah bola dinyatakan out.
18. Goal Kick : Tendangan ini di lakukan apabila :bola melampuhi garis gawang bola harus di tendang langsung kearah pemain sedangkan gol yang tercipta berkat tendangan ini tidak syah.

ISTILAH-ISTILAH PADA SEPAKBOLA

1. OFFSIDE
Dalam olah raga sepak bola, offside terjadi jika seorang pemain diberikan bola ketika berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibanding posisi pemain lawan. Biasanya offside digunakan para pemain belakang sebagai bagian dari taktik untuk menjebak lawan.
2. PENALTY
Tendangan penalti diberika oleh wasit apabila pemain dari tim yang sedang diserang melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti kepada pemain dari tim yang sedang menyerang. Dan tentunya pelanggaran tersebut dilakukan secara sengaja
3. FREE KICK
Free Kick atau Tendangan bebas biasa dilakukan oleh suatu tim jika terdapat pelanggaran yang dilakukan lawan bertandingnya. Tendangan bebas merupakan tendangan yang dilakukan tanpa mendapatkan gangguan dari pemain lawan. Pemain lawan boleh menghalangi di depannya, tapi pada jarak beberapa meter dari titik tendangan bebas dilakukan.
Tendangan bebas yang biasa diberikan oleh wasit terdapat 2 jenis, yaitu tendangan bebas tidak langsung dan tendangan bebas langsung.
Tendangan bebas tidak langsung biasanya diberikan wasit apabila terjadi pelanggaran yang tidak terlalu keras. Tendangan bebas ini harus diawali dengan sentuhan pemain lain, sebelum sang eksekutor sebenarnya menendang ke arah gawang. Tidak boleh langsung mengarah ke gawang. Untuk tendangan bebas ini biasanya tandanya adalah wasit mengangkat tangannya lurus ke atas sambil meniup peluitnya.
Tendangan bebas langsung dilakukan jika terjadi pelanggaran yang cukup keras / berbahaya di dekat area kotak penalti lawan. Tendangan ini dapat langsung diarahkan ke gawang oleh sang eksekutor, tanpa menyentuh pemain lainnya terlebih dahulu. Untuk jenis tendangan bebas ini, wasit memberi tanda dengan mengangkat tangannya dan lurus menunjuk ke arah gawang sambil meniup peluitnya.
4. CORNER KICK
Tendangan sudut atau corner kick biasa nya diberikan kepada tim, dimana tim lawan mengeluarkan bola ke area belakang garis gawangnya sendiri. Tendangan sudut dilakukan di area sudut lapangan yang terdapat bendera dan garis 1/4 lingkaran. Pemain diperbolehkan menendang dari dmana saja asal masih terdapat di dalam area garis 1/4 lingkaran tersebut yang biasa nya jug terdapat bendera.
5. DIVING
Diving (dialihkan dari bahasa Inggris: menyelam), adalah istilah dalam dunia sepak bola yang mengacu pada tindakan pemain yang sengaja beraksi seperti terjatuh dan kesakitan setelah menerima perlakuan baik sengaja maupun tidak sengaja dari lawan. Diving biasa dilakukan agar pemain dan timnya mendapatkan keuntungan berupa tendangan bebas, tendangan penalti, bahkan dikeluarkannya pemain lawan yang dianggap mengasari pemain yang melakukan diving.
Pemain yang diketahui melakukan diving saat pertandingan oleh wasit akan dikenai sanksi berupa kartu kuning.
6. SUICIDE GOAL
Suicide Goal atau Gol bunuh diri adalah istilah dalam olahraga sepak bola ketika seorang pemain memasukkan bola ke gawangnya sendiri sehingga dianggap sebagai gol bagi tim lawan. Pemain tersebut juga dianggap sebagai pencetak golnya. Apabila gol tersebut diakibatkan oleh pantulan, maka pencetak gol dilihat jika tendangan yang menghasilkan gol tersebut adalah tendangan langsung ke arah gawang atau tidak. Jika ternyata merupakan tendangan langsung ke gawang, maka pemain yang menendang tersebut dinyatakan sebagai pencetak gol. Gol bunuh diri tidak bisa diterima jika dihasilkan dari lemparan ke dalam atau dari tendangan bebas.
7. GOLDEN GOAL
Gol emas (bahasa Inggris: golden goal) adalah peraturan dalam sepak bola dengan memberi tambahan waktu dua kali 15 menit untuk mendapatkan pemenang yang dilakukan apabila dalam dua kali 45 menit tidak didapatkan pemenang dalam sebuah pertandingan sepak bola. Peraturan ini biasa dilakukan di dalam kompetisi dengan sistem gugur.
Dalam peraturan golden goal, apabila terjadi gol dalam perpanjangan waktu yang dilakukan, maka pertandingan akan dihentikan pada saat gol. Tim yang mencetak gol dalam kesempatan pertama akan ditetapkan sebagai pemenang pertandingan. Dan apabila dalam dua kali 15 menit tetap tidak ada tercipta gol oleh salah satu tim, maka pertandingan diakhiri dengan adu penalti untuk mendapatkan pemenang dari pertandingan.
8. SILVER GOAL
Gol perak (Inggris: silver goal) adalah peraturan sepak bola yang dilakukan untuk mendapatkan pemenang dengan memainkan babak tambahan dua kali 15 menit, apabila dalam waktu normal tidak didapatkan pemenang dalam sebuah pertandingan sepak bola. Peraturan ini biasa diadakan dalam pertandingan sepak bola yang menggunakan format kompetisi dengan sistem gugur.
Dalam peraturan di dalam silver goal, apabila pertandingan sepak bola dalam babak perpanjangan waktu terjadi gol oleh salah satu tim, maka pertandingan akan tetap dilanjutkan hingga babak perpanjangan waktu dimana terjadi gol habis. Setelah babak perpanjangan waktu habis, maka tim yang dapat mencetak gol akan dinyatakan sebagai pemenang pertandingan. Apabila dalam dua babak perpanjangan waktu tidak terjadi gol, maka pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.
9. HATTRICK
Hattrick, hat-trick atau hat trick adalah istilah dalam olahraga yang mengacu kepada tiga kali keberhasilan dalam suatu hal dalam tiga kali percobaan secara berurutan. Dalam sepak bola, hat-trick berarti keberhasilan seorang pemain sepak bola dalam mencetak gol sebanyak tiga kali dalam satu pertandingan.
10. RED & YELLOW CARD
Dalam sepak bola, kartu merah menandakan pelanggaran berat dan akibatnya adalah pengusiran terhadap seorang pemain keluar lapangan.
Kartu kuning menandakan pelanggaran yang masih bisa ditolelir ( Profesional Foul ) dan apabila mendapatkan kartu kuning kedua maka akan mendapat hadiah kartu merah.
11. ADU PENALTI
Adu penalti, atau lebih tepat disebut “adu tendangan penalti”, merupakan cara yang sekarang sering dipakai untuk menentukan pemenang dalam pertandingan sepak bola yang harus diakhiri dengan kemenangan/kekalahan (tidak bisa seri). Adu penalti dilakukan setelah pertandingan berlangsung 90 menit dan dilanjutkan dengan 2 kali 15 menit perpanjangan waktu namun keadaan masih seri. Walaupun pelaksanaannya mirip, adu penalti dilakukan mengikuti peraturan yang berbeda dari tendangan penalti. Hasil dari adu penalti tidak dimasukkan dalam perhitungan skor (jadi keadaan tetap seri), ia hanya digunakan untuk menentukan pemenang.
12. WASIT
Pemimpin jalannya pertandingan sepak bola biasa disebut wasit. Mereka adalah orang yang memiliki kuasa untuk mengatur jalannya pertandingan. Mereka juga sekaligus sebagai pengadil di lapangan bagi kedua tim yang bertanding. Biasanya dalam satu pertandingan ada 4 wasit yang bertugas. Wasit utama, wasit cadangan, dan 2 asisten wasit (hakim garis).
Wasit utama adalah wasit yang sudah ditentukan untuk memimpim jalannya pertandingan. Wasit cadangan merupakan wasit yang bertugas mengontrol jalannya pertandingan dari sisi lapangan dan juga sebagai cadangan apabila wasit utama tidak mampu bekerja. 2 asisten wasit atau biasa orang bilang hakim garis adalah wasit yang bekerja di sisi kanan-kiri lapangan dan memegang bendera. Mereka bertugas untuk memantau apakah bola keluar lapangan, menunjukkan posisi offside, atau memebritahukan wasit utama apabila terjadi pelanggaran di sekat posisinya berada.
12. ASISTEN WASIT
Asisten Wasit (sebelumnya dikenal dengan nama hakim garis) pada sepak bola merupakan asisten dari kinerja wasit di lapangan. Ia membawa sebuah bendera untuk memberi tanda kepada wasit jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan di lapangan. Seluruh keputusan wasit harus didiskusikan terlebih dahulu dengannya. Asisten wasit berjumlah 2 orang di setiap pertandingan. Bendera untuk asisten wasit internasional bergambar wajik merah dengan latar belakang kuning. Untuk masing – masing negara, tidak ditentukan bendera yang sama selama dibenarkan oleh asosiasi sepak bola masing-masing negara.
13. COACH
Pelatih atau kalo di Inggris biasa disebut Manager, merupakan sosok yang tidak bisa dilupakan dari kesuksesan suatu tim. Taktik dan strategi yang biasa dipertontonkan oleh para pemain di atas lapangan merupakan andil besar sang pelatih. Mereka adalah peracik dan pengatur permainan suatu tim dari sisi lapangan. Baik buruknya permainan tim salah satunya ditentukan oleh kejelian sang pelatih dalam menerapkan strategi permainannya ketika menghadapi lawan.
Pelatih tidak hanya menjadi pendamping tim ketika bermain dalam suatu pertandingan, tapi juga sekaligus sebagai pengayom di luar lapangan bagi para pemainnya. Karena kedekatan hubungan antar pelatih dan pemain mutlak diperlukan untuk menghasilkan tim yang solid dan bermental juara. Motivasi dan kadang-kadang sedikit kritik dari sang pelatih seharusnya dapat diambil pelajaran bagi para pemain untuk menunjukkan permainan terbaik mereka. Ketika berlatih, para pemain harus mampu memikat hati pelatih agar dimasukkan pada tim yang akan bertandingan pada pertandingan selanjutnya. Usaha keras dan kerja sama apik antar pemain adalah beberapa hal yang dilihat oleh pelatih dari para pemainnya..
14. STRIKER ( Penyerang (Striker) )
Barisan terdepan dari sutau tim sepak bola adalah Penyerang. Para penyerang adalah ujung tombak permainan suatu tim. Mereka memiliki tugas utama untuk mencetak gol ke gawang lawan dan memenangkan pertandingan
Posisi lainnya yang juga mirip dengan penyerang adalah posisi “penyerang bayangan”, atau sering disebut “penyerang lubang/ “Gelandang serang”/ “playmaker“. Posisi penyerang bayangan berada tepat di belakang penyerang murni. Tugas penyerang bayangan sedikit lebih rumit, karena selain menerima umpan dari pemain di belakang, juga terkadang harus memberi umpan terhadap pemain di depannya (penyerang murni). Penyerang bayangan lebih mengutamakan teknik.
14. MIDFIELDER Gelandang (Midfielder)
Pemain tengah dalam sepak bola sering disebut sebagai Gelandang. Posisi pemain ini berada di antara Bek dan Penyerang..
Gelandang Sayap merupakan para pemain yang beroperasi di sisi kanan-kiri bagian tengah suatu tim. Gelandang jenis ini bertugas untuk menusuk jantung pertahanan lawan melalui sayap dan biasanya melakukan umpan-umpan silang ke daerah kotak penalti. Oleh karena itu, gelandang sayap harus memiliki kecepatan lari dan kemampuan untuk memberikan umpan-umpan silang yang terukur.
Gelandang Bertahan (Jangkar) biasa beroperasi di sisi tengah dan lebih memiliki naluri untuk bertahan. Kemampuan yang harus dimiliki gelandang jenis ini adalah sebagai penyeimbang tim. Mampu bertahan dan membantu penyerangan. Gelandang jenis ini biasa memiliki kemampuan seperti bek, tidak mengenal kompromi terhadap lawan dan kokoh. Namun, gelandang bertahan juga mampu untuk sesekali membantu serangan atau bahkan mencetak gol.
Gelandang Serang Mereka lebih punya naluri seperti Penyerang. Selain mengalirkan pergerakan bola dari belakang ke depan, mereka juga memiliki kreatifitas untuk menyusun strategi hingga tim mampu mampu mencetak gol. Biasanya gelandang jenis ini juga memiliki tendangan jarak jauh yang sangat keras dan akurat. Sehingga tidak jarang kita lihat mereka juga mampu mencetak gol layaknya seorang penyerang. Posisi gelandang yang berada di tengah memang lebih memiliki tugas yang lumayan berat. Sebagai penyeimbang tim mereka seringkali juga menjadi penentu kesuksesan suatu tim dalam meraih kemenangan.
15. DEFFENDER Bek (Defender)
Bek (Defender) merupakan pemain-pemain dalam suatu tim sepak bola yang berposisi di area belakang dan di depan kiper. Banyaknya bek tergantung dari strategi pelatih.
Posisi bek ada 2, yaitu Bek Tengah (Central Defender) dan Bek Sayap (Wing Defender).
Bek tengah merupakan bek yang posisinya berada tepat di depan area gawang tim nya. Bisa 2 atau 3 pemain yang biasa nya beroperasi sebagai bek tengah. Bek tengah biasanya merupakan bek yang tangguh dan jago dalam mengantisipasi bola-bola lambung dari lawannya. Walaupun tidak selamanya bek tengah harus berpostur tinggi besar.
Sedangkan bek sayap adalah bek yang beroperasi di bagian sayap lapangan, kanan dan kiri, pertahanan tim nya. 2 orang pemain yang biasanya menempati posisi ini, kanan dan kiri. Bek sayap harus mempunyai kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya. Karena seringkali bek sayap harus membantu pergerakan pemain tengah sayap dalam membongkar pertahanan lawan dan sesekali melepaskan umpan silang ke kotak penalti lawan. Selain mampu menyerang, naluri bek yang bertahan juga harus dimiliki oleh bek sayap. Setelah membantu menyerang, bek sayap harus mampu kembali ke jantung pertahanannya secepat mungkin untuk mengantisipasi serangan balik lawan yang seringkali dimulai dari pergerakan sayap. Apabila stamina bek sayap mulai kedodoran, seringkali bek sayap tidak banyak membantu serangan dan hanya bergerak sampai ke tengah.
Bek, selain kiper, juga berperan besar untuk mencegah suatu tim kebobolan dan berujung pada kekalahan. Bek merupakan benteng terakhir pertahanan tim nya sebelum pemain lawan berhadapan dengan kiper. Sosok yang tangguh dan seringkali tidak kenal kompromi yang dimiliki oleh seorang bek, patut kita acungi jempol.
16. KIPER (Penjaga Gawang)
Penjaga gawang, atau orang biasa sebut Kiper, merupakan benteng pertahanan terakhir dari suatu tim sepak bola. Kiper merupakan satu-satunya pemain di lapangan pertandingan yang diperkenankan untuk menyentuh bola dengan tangan secara aktif. Kiper bertanggung jawab agar tim nya tidak sampai kemasukan bola atau kebobolan. Gawang ukuran 7,32 m x 2,44 m harus dijaganya dari serbuan para pemain lawan yang ingin mencetak gol.
Penjaga gawang harus memiliki:

Insting terhadap lawan
Refleks yang sempurna
Bakat

tanpa salah satu dari tiga kriteria di atas, sulit untuk menjadi seorang penjaga gawang.
17. PERPANJANGAN WAKTU
Perpanjangan waktu adalah aturan permainan dalam sepak bola yang merupakan penambahan babak atau waktu dalam pertandingan yang berakhir seri setelah 90 menit pertandingan. Lamanya waktu dalam babak perpanjangan waktu adalah 15 menit untuk setiap babaknya. Babak perpanjangan waktu dalam sepak bola adalah sebanyak dua babak.
Babak perpanjangan waktu acap kali dilakukan ketika pertandingan sepak bola memainkan kompetisi dengan sistem gugur gagal mendapatkan pemenang dalam waktu normal 90 menit. Apabila dalam babak perpanjangan waktu yang diadakan masih tidak didapatkan pemenang, maka pertandingan sepak bola akan dilanjutkan ke babak adu adu penalti.
Sistem perpanjangan waktu yang umum adalah golden goal dan silver goal. Dalam sistem golden goal (gol emas) pertandingan langsung berakhir apabila sebuah tim mencetak gol saat perpanjangan waktu. Dalam perpanjangan waktu sistem silver goal (gol perak) apabila terjadi gol oleh salah satu tim dalam sebuah pertandingan, maka pertandingan akan tetap diteruskan dalam dua babak perpanjangan waktu. Tim yang dapat mencetak gol dan dapat mempertahankan gol dalam dua babak, maka tim yang dapat mencetak gol akan dinyatakan sebagai pemenang pertadingan. Kedua tim yang bertanding akan terus mencari gol dalam dua babak perpanjangan waktu, apabila kedua tim yang bertanding tetap tidak dapat menghasilkan gol untuk membawa kemenangan, maka pertandingan akan dilanjutkan ke babak adu penalti antara kedua tim untuk mendapatkan pemenang.
18. PERTANDINGAN DERBY
Pertandingan derby adalah pertandingan antara tim olahraga (umumnya lokal) yang mempertemukan dua tim yang masing-masing memiliki rivalitas tersendiri. Pertandingan derby yang ada dapat terjadi karena persaingan prestasi antara kedua tim dalam dunia olah raga, persaingan antara dua tim satu kota yang membuat pertandingan menjadi bergengsi, ataupun suatu sebab lain yang menyebabkan kedua tim memiliki rivalitas.
Istilah treble (xtiga) digunakan di dalam sepakbola untuk menunjukkan sebuah tim yang berhasil mendapatkan tiga piala kejuaraan utama pada satu periode, biasanya satu musim (satu tahun pertandingan.


ISTILAH-ISTILAH PADA BOLA BASKET

BASKET BALL is a game of habbit : Bola basket adalah permainan yang berladaskan kebiasaan
Team Work : Falsafah bola basket berlandaskan kerja sama
Footwork : Kemampuan Olah Kaki
Ballhandling : Kemampuan Olah Tangan
Defensive Stance : Posisi bertahan yang baik
Offensive Stance : Posisi penyerangan yang baik
Hassitation : Pergerakan menekan dari penyerang yang mempunyai irama tekan mundur sedikit maju lagi.
Fakes : Adalah gerakan tipuan dalam permainan bola basket.
Deny : Usaha menjaga lawan dari pemain bertahan Mantoman ,dimana jalur passingnya dimatikan
Pressure : Memberikan tekanan pada tim penyerang
Steal : Usaha mencuri bola dari pemain yang membawa bola
Figure Eight : Bentuk latihan Passing membentuk angka delapan
Fast Break : Serangan Cepat
Passing : Mengoper/Memberi Bola kepada Teman dalam Permainan Bola Basket
Drible : Mengiring Bola dalam Permainan Bola Basket
Shooting : Menembak untuk mendapatkan Skor /point dalam Permainan Bola Basket

1. Dribble
Membawa bola dengan cara memantulkan ke tanah
2. Shot
Menembak ke ring dengan cara melemparkan bola. Untuk hasil yang bagus, arah bola sebaiknya membentuk kurva parabolic dan jangan lupa FOKUS.
3. Shot Clock
Waktu menyerang sebelum bola menyentuh ring. untuk NBA menggunakan 24 detik, dan FIBA menggunakan shot clock 30 detik
4. Rebound
Rebound adalah suatu istilah dalam permainan bola basket dimana seorang pemain menangkap bola pantul yang tidak berhasil masuk yang ditembakkan oleh pemain lain.

5. Block Shot
melakukan blok terhadap tembakan lawan
6. Steal
Mmencuri bola dari lawan saat dribble. Steal dalam basket adalah suatu istilah dimana seorang pemain bertahan berhasil merebut bola yang sedang dipegang, dioper atau didribble pihak lawan, tetapi tidak menyentuh tangan lawan atau akan dinyatakan sebagai pelanggaran. Posisi pebasket yang paling sering melakukan steal adalah Small Forward. Beberapa pebasket yang terkenal akan kemampuan stealnya di NBA adalah Scottie Pippen, Robert Horry, Michael Jordan, Magic Johnson, John Stockton, dan Allen Iverson
7. Intercept
Mencuri bola dari lawan dengan cara memotong passing lawan
8. Passing
Mengoper bola ke rekan satu tim
9. Assist
Assist adalah suatu istilah dalam permainan bola basket dimana seorang pemain mengoper bola kepada temannya, dan pemain yang mendapat bola operan dari temannya itu tanpa mendribble (memantulkan bola ke tanah) langsung melempar atau memasukkan bola kedalam jaring basket (bola yang tidak masuk tidak dihitung).
10. Foul
Pelanggaran
11. Team Foul
Jumlah pelanggaran dalam satu team per babak nya. Otomatis akan diberikan free throw ke lawan apabila sudah mencapai 5
12. Foul Out
Kartu merah dalam permainan basket, diberikan setelah seorang pemain melakukan 5 kali foul
13. Free Throw
Tembakan bebas akibat pelanggaran yang dilakukan pemain lawan. Free throw diberikan apabila yang dilanggar dalam posisi akan melakukan shot atau sudah team foul
14. Three Seconds Violation
Pelanggaran yang diberikan apabila seorang pemain berada di area tembakan bebas (key area) selama 3 detik
15. Back Ball / Back Court
Pelanggaran karena pemain yang membawa bola kembali ke daerah pertahanan setelah melewati garis tengah
16. Back Door
Strategi menyerang dengan cara membalik badan ke arah yang berlawanan untuk menghindari penjagaan lawan.
17. Pick and Roll
Strategi menyerang 2 orang dengan cara 1 orang melakukan blok, menghalangi pergerakan lawan yang menjaga rekannya yang membawa bola, sehingga dapat bebas berlari. Setalah itu orang tadi berputar (roll)
18. Man to man marking
Strategi bertahan 1 lawan 1
19. Zone Defense
Pertahanan sistem area, ada model 2-1-2, 1-2-2, 1-3-1, 2-3, 3-2
20. Full press defense
Pertahanan 1 lawan 1, dimulai dari garis pertahanan lawan
21. Travelling / walking
Pelanggaran karena membawa bola tidak di dribble, lebih dari 2 langkah
22. Double
Pelanggaran karena setelah berhenti mend dribble, melakukan dribble lagi
23. Blok
Blok dalam basket adalah suatu istilah dimana seorang pemain bertahan melakukan lompatan dan berhasil menghalang/menahan bola yang sedang dilempar oleh pihak lawan atau penyerang, sehingga bola tidak berhasil melaju dan masuk kedalam ring.
24. Slamdunk
Slam dunk (atau biasa hanya disebut Dunk) adalah suatu gaya didalam permainan olahraga bola basket, seorang pemain berusaha memasukkan bola ke dalam keranjang dimana muka telapak tangan menyentuh besi pada ring basket (satu atau dua tangan) setelah bola melewati tinggi dari ring besi basket.


ISTILAH-ISTILAH PADA BOLA VOLLY
1.a Setter
Setter adalah pemain yang dispesialisasikan untuk mengatur bentuk penyerangan. Bola kedua setelah pass akan di set oleh setter, kemudian ia akan menempatkan bola di udara agar dapat di spike oleh attacker. Dengan demikian, setter dan attacker harus mampu menciptakan kerjasama dengan baik. Setter harus memiliki kualitas yang bagus dalam menyesuaikan arah dan tinggi bola yang akan di spike. Selain itu, setter haruslah seorang pemain yang lincah dan mampu bergerak dengan cepat di area permainan.
2. Libero
Jika kita memperhatikan sebuah pertandingan bola voli, maka pada setiap tim kita akan melihat seorang pemain yang menggunakan seragam yang berbeda dengan semua pemain di timnya. Pemain dengan seragam yang berbeda itulah yang disebut dengan libero. Dalam bahasa Italia, libero mempunyai arti “bebas”. Sesuai dengan nama tersebut, maka libero adalah pemain yang dapat secara bebas mengambil alih peran pemain yang lain. Namun, dalam sebuah pertandingan, libero tidak boleh memiliki dua posisi atau berganti posisi. Seorang pemain yang telah diposisikan sebagai libero, tidak boleh berganti posisi menjadi spiker atau yang lain dalam sebuah pertandingan. Meskipun ia dapat mengambil alih peran pemain-pemain yang lain, namun posisinya adalah tetap sebagai seorang libero sampai pertandingan berakhir. Pada dasarnya, libero bertugas untuk menerima serangan-serangan (spikes) yang dilakukan oleh attacker tim lawan. Berdasarkan fungsi utama tersebut, maka seorang libero tidak harus memiliki postur tubuh yang tinggi seperti pemain yang lain. Hal ini karena seorang libero tidak bermain di area yang dekat dengan net. Yang paling ditekankan bagi seorang libero adalah kualitas pass yang baik, memiliki kecepatan gerak yang tinggi, dan tentu saja harus memiliki stamina yang baik.
3. Blocker tengah (Middle Bolcker) atau spiker tengah (Middle Hitter)
Middle blocker adalah pemain yang pada dasarnya bertugas menahan serangan attacker dari tim lawan. Namun, Middle blocker ini juga dapat bertugas sebagai seorang spiker. Biasanya, Middle blocker ini melakukan spike berupa quick hit.
4. Spiker luar (Outside hitter)
Outside hitter adalah seorang attacker yang melakukan spike dari sisi kiri lapangan. Disebut “Outside hitter”, karena ketika hendak melakukan spike, pemain ini biasanya selalu mengambil awalan dari luar garis samping lapangan.
5. Spiker Kanan (Right Side Hitter)
Right spike hitter adalah lawan dari Outside hitter. Pemain ini menempati posisi yang berlawanan dengan Outside hitter, yaitu di sebelah kanan. Spike-pun dilakukan dari sebelah kanan. Biasanya, Right side hitter adalah salah seorang pemain yang paling banyak melakukan spike dalam sebuah pertandingan bola voli dibandingkan dengan pemain-pemain yang lain.


Istilah-istilah dalam permainan Bola Volly

1. Serve: ialah istilah atau bahasa yang digunakan pada waktu pukulan pertama.
2. Out-Ball: adalah istilah atau bahasa yang digunakan jika bola voli keluar dari batas lapangan.
3. Over-Ball: adalah istilah atau bahasa yang digunakan ketika bola pindah kepihak lawan, maksudnya giliran pihak versus atau kita yang melakukan servis.
4. Block: Yang dimaksud dengan block di sini ialah istilah atau bahasa yang digunakan buat membendung atau menghalang pukulan smash dari lawan.
5. Change of Court: adalah istilah pada waktu pertukaran tempat.
6. Change of position: Ialah istilah pada waktu pertukaran pemain dan setelah terjadi pukulan servis.
7. Cover Close: Adalah istilah yang digunakan buat menutup daerah sendiri dengan rapat, biasanya sebab adanya agresi versus yang bertubi-tubi.
8. Cover for Attact atau Cover for deverence: Adalah istilah buat menutup daerah sendiri ketika diserang oleh lawan.
9. Deciding game: Adalah istilah yang dipakai pada waktu pertandingan penentuan.
10. Deciding set: Adalah istilah yang dipakai pada waktu akhir pertandingan yang menentukan, biasanya pada akhir penentuan.
11. Double Fault: Adalah istilah yang dipakai sebab adanya kesalahan bersama.
12. Double hit: Adalah istilah yang digunakan buat pukulan ganda yang dilakukan oleh salah seorang pemain.
13. Driving Service: Adalah istilah yang diberikan kepada bola servis yang bergerak melengkung dengan keras berada tepat diposisi atas net.
14. Dum Play:: Adalah istilah buat bola tipuan pen-smash yang dipukul pelan.
15. Floating Servise: Adalah istilah yang digunakan pada pukulan servis dengan arah yang bergelombang.

Istilah dalam Olahraga Bola Voli

1. Serve ialah istilah atau bahasa nan digunakan pada waktu pukulan pertama.
2. Out-Ball adalah istilah atau bahasa nan digunakan jika bola voli keluar dari batas lapangan.
3. Over-Ball adalah istilah atau bahasa nan digunakan ketika bola pindah kepihak lawan, maksudnya giliran pihak versus atau kita nan melakukan servis.
4. Block , nan dimaksud dengan block di sini ialah istilah atau bahasa nan digunakan buat membendung atau menghalang pukulan smash dari lawan.
5. Change of Court adalah istilah pada waktu pertukaran tempat.
6. Change of position ialah istilah pada waktu pertukaran pemain dan setelah terjadi pukulan servis.
7. Cover Close ialah istilah nan digunakan buat menutup daerah sendiri dengan rapat, biasanya sebab adanya agresi versus nan bertubi-tubi.
8. Cover for Attact atau Cover for deverence ialah istilah buat menutup daerah sendiri ketika diserang oleh lawan.
9. Deciding game ialah istilah nan dipakai pada waktu pertandingan penentuan.
10. Deciding set adalah istilah nan dipakai pada waktu akhir pertandingan nan menentukan, biasanya pada akhir penentuan.
11. Double Fault ialah istilah nan dipakai sebab adanya kesalahan bersama.
12. Double hit ialah istilah nan digunakan buat pukulan ganda nan dilakukan oleh salah seorang pemain.
13. Driving Service ialah istilah nan diberikan kepada bola servis nan bergerak melengkung dengan keras berada tepat diposisi atas net.
14. Dum Play ialah istilah buat bola tipuan pen-smas h nan dipukul pelan.
15. Floating Servise ialah istilah nan digunakan pada pukulan servis dengan arah nan bergelombang.


Istilah dalam Olahraga Bola Voli

1. Wa. Sit[n]: seseorang yang penentu; pemimpin (dl pertandingan sepak bola, bola voli), dsb.
2. Tos. ser : seseorang yang memukul bolah menggunakan tangan untuk dapat ke tempat lawan. Untuk melempar dengan gerakan cepat, cahaya, atau ceroboh atau dengan sentakan tiba-tiba sebuah bola muntah di udara suatu.
3. Passing: cara mengambil bola menggunakan tangan atau kaki atau cara memasing bola ke pengumpan untuk dapat upan dengan baik, agar bisa lompat dan memukul bolanya arring lawan.
4. Sreep : tindakan yang di lakukan oleh seseorang menggunakan tangan memukul bolah dari luar garis ke tempat lawan untuk dapat bermain.
5. Penghitung skor: seseorang yang menghitung jumlah skor dalam pertandingan bola volley dari awal sampai akhir pertandingan.
6. Skor: jumlah angka atau jumlah skor dalam pertandingan.
7. Hakim garis: seseorang yang berjaga di samping kiri – kanan lapangan bola arrin agar bola tidak keluar dari jahu dari lapangan.
8. Standar minimal nilai: jumlah angka yang dapat diperoleh untuk geme atau arring yaitu 25 rely geme
9. Umpan : seseorangyang mengumpan bola kedekat net untuk dibidik oleh teman atau rekan nya ke tempat lawan.
10. Geme: akhir dalam pertandingan bola voli.
11. Set: putaran kedua atau ketiga dalam pemain bola voli atau juga pertukaran lapanagn.
12. Blocking : Dengan daya upaya di dekat arring untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawan.
13. Net. Suatu alat pembatas dalam permainan bola voli.
14. Peluit: alat untuk menanda apabilah dalam permainannya sala, atau berakhir.
15. Cadangan: sekelompok orang yang siap menggantikan apabila dalam permainannya kurang baik, atau arri


Istilah dalam Olahraga Bola Voli

1. Service atas: adalah service dengan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya. Kemudian Server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas.
2. Service bawah : Adalah service dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola. Tangan yang memukulbola beriap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah.
3. Service mengapung: Adalah service atas dengan awalan dan cara memukulyang arrin sama. Awalan service mengapung adalah melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi ( tidak terlalu tinggi dari kepala ). Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek.
4. Passing Bawah: ( Pukulan/penganmbilan tangan kebawah ) Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk. Tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan. Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola.
5. Passing Keatas : ( Pukulan/penganmbilan tangan keatas ) Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk. Badan sedikit condong kemuka, siku ditekuk jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola. Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga. Penyentuhan pada semua jari2 dan gerakannya meluruskan kedua tangan
6. Smash (spike): Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada diatas arring, untuk dimasukkan ke daerah lawan. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan arrin-faktor berikut: awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan.
7. Defender: adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan.
8. Libero: olah raga pemain penjelajah dalam permainan bola voli
9. spiker (smash): Untuk drive (sebagai bola voli) tajam ke bawah dengan pukulan keras, juga: untuk melempar tajam
10. time out: waktu untuk diskusi/ apabila satu timnya, perolehan nilainya kurang dan dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan berlangsung hanya 1 menit.
11. servis tangan bawah : tindakan seseorang memukul bola dari luar garis mula –mula pemain berdiri dipetak servis dengan kaki kiri lebih kedepan dari kaki kanan.
12. tennis servis: Sikap persiapan dimulai dengan mengambil posisi kaki kiri lebih kedepan, kedua lutut agak rendah
13. cekis : Sikap permulaan dengan mengambil sikap berdiri menyamping dengan tubuh bagian kiri lebih dekat
14. Awalan service mengapung: tindakan seseorang melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi (tidak terlalu tinggi dari kepala). Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek.
15. Grup: rombongan; golongan; kelompok (dalam permainan bola voli akan bermain dua kelompok lawan)


ISTILAH-ISTILAH DALAM OLAHRAGA BULU TANGKIS

1. Backhand : Pukulan yang dilepaskan dengan posisi punggung tangan menghadap ke depan. bagi pemain yang b backhand dilakukan untuk mengembalikan bola yang mengarah ke sisi kiri tubuh..
2. Deep Service : Servis tajam melambung ke arah sudut lapangan untuk memaksa pemain lawan mengembalikan bola dengan lob yang defensif dan mudah diserang
3. Drive : Pukulan mendatar yang dilepaskan dengan posisi raket sejajar dengan kepala
4. Dropshot : Pukulan mematikan yang dilepaskan dengan tenaga ringan sehingga bola menukik dalam gerakan mirip jatuh
5. Footwork : Teknik gerakan kaki
6. Forehand : Pukulan yang dilepaskan dengan posisi tangan wajar. kebalikan dari backhand
7. Jumping Smash : Smash yang dilepaskna sambil melompat sehingga luncuran bila menukik. Senjata andalan Liem Swie King dan Heryanto Arbi.
8. Lob : Pukulan keras yang menghasilkan bila melambung. bila bersifat ofensif, digunakan untuk menyudutkan lawan di sudut pojok lapangan. bila bersifat defensif, digunakan untuk memperbaiki posisi selagi lawan mengejar shuttlecock yang dipukul lob.
9. Net Clear : Pukulan untuk mengakhiri permainan netting, dilakukan dengan memberikan bola lob jauh ke belakang pojok lapangan lawan.
10. Net Drop : Bola diarahkan untk jatuh ke lapangan lawan tepat di dekat net. Biasanya digunakan untuk memulai permainan net.
11. Overhead : Pukulan yang dilepaskan dengan posisi raket berada di atas kepala
12. Service : Pukulan awal dari suatu pemain yang memulai satu sesi game untuk memperebutkan satu angka


ISTILAH-ISTILAH DALAM OLAHRAGA BULU TANGKIS

1. Smash : Pukulan mematikan yang dilepaskan dengan tenaga keras sehingga bola menukik dalam gerakan mengiris yang sangat tajam
2. Netting : Pukulan yang dilakukan dekat dengan net dengan kekuatan yang lambat namun dapat menggagalkan pengembalian shuttlecock oleh lawan.
3. Attacking Clear : Merupakan pukulan yang menyerang dan menyebabkan shuttle dapat melambung melampaui raket lawan dan jatuh di bagian belakang lapangannya.
4. Deception : Adalah gerakan menipu lawan dengan cara mengubah arah dan kecepatan shuttlecock pada detik terakhir sebelum pukulan dilakukan.
5. Defence : Merupakan posisi bertahan untuk mengembalikan serangan lawan.
6. Backhand : Pukulan yang dilepaskan dengan posisi punggung tangan menghadap ke depan. bagi pemain yang betangan kanan (right ded) alias bukan tangan kidal, backhand dilakukan untuk mengembalikan bola yang mengarah ke sisi kiri tubuh.
7. Baseline : Garis paling belakang dalam lapangan bulutangkis.
8. Chair Umpire : Wasit pertandingan bulutangkis, memimpin pertandingan dari atas kursi tinggi di dekat garis jaring. Championship
9. Point : Angka terakhir yang diperlukan satu pemain untuk memenangi satu kejuaraan.
10. Deep Service : Servis tajam melambung ke arah sudut lapangan untuk memaksa pemain lawan mengembalikan bola dengan lob yang defensif dan mudah diserang
11. Deuce : Posisi angka sama saat kedudukan seharusnya game point atau match point untuk salah satu pihak
12. Drive : Pukulan mendatar yang dilepaskan dengan posisi raket sejajar dengan kepala

ISTILAH-ISTILAH DALAM OLAHRAGA BULU TANGKIS

1. Dropshot : Pukulan mematikan yang dilepaskan dengan tenaga ringan sehingga bola menukik dalam gerakan mirip jatuh
2. Footwork : Teknik gerakan kaki
3. Forehand : Pukulan yang dilepaskan dengan posisi tangan wajar. kebalikan dari backhand
4. Game Point : Angka terakhir yang diperlukan oleh satu pemain untuk menyelesaikan satu game (set)
5. Hattrick : Sesuatu yang dilakukan tiga kali berturut-turut
6. Jumping Smash : Smash yang dilepaskna sambil melompat sehingga luncuran bila menukik. Senjata andalan Liem Swie King dan Heryanto Arbi.
7. Linesmen : Hakim garis; bertugas menyatakan apakah bola jatuh di dalam atau di luar lapangan
8. Lob : Pukulan keras yang menghasilkan bila melambung. bila bersifat ofensif, digunakan untuk menyudutkan lawan dipojok lapangan. bila bersifat difensif, digunakan untuk memperbaiki posisi selagi lawan mengejar lob.
9. Match Point : Angka terakhir yang diperlukan oleh salah satu pemain yantuk memenangi satu pertandingan
10. Net Clear : Pukulan untuk mengakhiri permainan net, dilakukan dengan memberikan bola lob jauh ke belakang lapangan lawan.
11. Net Drop : Bola diarahkan untk jatuh ke lapangan lawan tepat di dekat net. Biasanya digunakan untuk memulai permainan net.
12. Overhead : Pukulan yang dilepaskan dengan posisi raket berada di atas kepala


ISTILAH-ISTILAH DALAM OLAHRAGA BULU TANGKIS

1. Placing : Teknik penempatan bila di lapangan lawan
2. Rally Point : Sistem perolehan angka dalam bulutangkis di mana tiap bola mati menghasilkan angka, tidak memerlukan perpindahan servis (service over) seperti di sistem lama
3. Rubber Set : Keadaan ketika masing-masing pemain memenangi satu game (set) sehingga perluka set ketiga untuk menentukan pemenang
4. Service : Pukulan awal dari suatu pemain yang memulai satu sesi game untuk memperebutkan satu angka
5. Service Judge : Pengawas keabsahan servis pemain; duduk dikursi rendah di seberang lapang chair umpire. Service dinyatakan sah apabila posisi raket berada dibawah pinggang saat memukul bola Service Return Bila pengembalian service
6. Shuttelcock : "Bola" yang dipakai dalam permainan bulutangkis, terbuat dari helai-helai bulu angsa dan pemberat gabus dibagian bawah
7. Smash : Pukulan mematikan yang dilepaskan dengan tenaga keras sehingga bola menukik dalam gerakan mengiris yang sangat tajam
8. Straight Set : Pertandingan yang langsung selesai dalam dua set langsung
9. Unforced Error : Kesalahan yang tidak perlu dilakukan; terjadi karena kecerobohan diri sendiri.
10. Net Clear : Pukulan untuk mengakhiri permainan net, dilakukan dengan memberikan bola lob jauh ke belakang lapangan lawan.
11. Net Drop : Bola diarahkan untk jatuh ke lapangan lawan tepat di dekat net. Biasanya digunakan untuk memulai permainan net.
12. Overhead : Pukulan yang dilepaskan dengan posisi raket berada di atas kepala


ISTILAH-ISTILAH DALAM OLAHRAGA BULU TANGKIS

Alley
Areal tempat bermain di mana bola dapat diperhitungkan masuk atau keluar dalam berbagai kesempatan dalam setiap permainan. Contohnya, side alley adalah areal permainan pada kedua sisi lapangan antara garis samping untuk tunggal dan garis samping untuk ganda.
Backhand
Setiap pengembalian atau pukulan yang dilakukan dari sisi tubuh yang tidak dominan.
Backhand grip
Cara anda memegang raket untuk memukul setiap pengembalian bola dari sisi yang tidak dominan. Dalam bulutangkis, pukulan ini biasanya dilakukan dengan grip handshake atau pistol, yang dipegang dengan ibu jari dominan pada posisi mengarah ke atas pada bagian atas sisi kin pegangan raket.
Backswing
Bagian dari ayunan yang menggerakkan raket ke arah belakang sebagai persiapan untuk melakukan forward swing.
Base
Titik di dekat bagian tengah lapangan yang harus menjadi target hampir dari semua pengembalian bola anda.
Baseline
Garis yang terdapat pada batas belakang lapangan anda.
Bird
Obyek yang dipukul dengan raket bulutangkis sebagai tanda bahwa rally dimulai. Sama juga dengan shuttle atau shuttlecock. (bola)
Carry
Pengembalian bola yang ditangkap dengan permukaan raket dan dilemparkan ke atas net. Pukulan ini kadang-kadang disebut dengan pukulan lemparan. Pukulan ini dianggap sah selama dilakukan dengan gerak lanjut dari pukulan normal dan bukannya pukulan ganda.
Cross court
Pengembalian atau pukulan yang mengarahkan bola menyilang melintasi lapangan.
Double hit
Hal ini terjadi jika bola dipukul dua kali secara berurutan pada pukulan yang sama dan merupakan suatu kesalahan (fault). (pukulan ganda)
Doubles service court
Ini merupakan daerah tempat servis di mans servis ganda harus dilakukan. Kedua sisi lapangan bulutangkis memiliki lapangan servis kanan dan kiri untuk ganda. Kedua lapangan servis ganda tersebut dibatasi dengan garis servis pendek, garis tengah garis samping untuk ganda, dan garis servis belakang untuk ganda.
Drive
Pengembalian atau pukulan yang mengarahkan bola dalam lintasan yang relatif datar, paralel, dengan lantai, tapi dipukul cukup tinggi untuk melewati net.


ISTILAH-ISTILAH DALAM OLAHRAGA BULU TANGKIS

Drive serve
Servis keras dan cepat yang melintasi net dengan lintasan mendatar dan biasanya diarahkan pada bahu lawan yang tidak dominan. Servis ini lebih sering digunakan pada partai ganda. (servis drive)
Drop shot
Pengembalian atau pukulan yang melintasi net dan jatuh ke arah lantai dipukul secara underhand atau overhead dari dekat net atau belakang lapangan. (pukulan drop)
Fault
Setiap pelanggaran peraturan.
Flick serve or flick return
Servis atau pengembalian yang cepat dan datar yang dimulai dengan pergelangan tangan yang melambungkan bola tinggi ke atas jauh di luar jangkauan lawan ke bagian tepi lapangan lawan. Pukulan ini biasanya digunakan dalam partai ganda jika lawan anda secara konsisten memotong servis anda. (servis atau pengembalian flick)
Follow -through
Lanjutan dari pukulan setelah raket mengontak bola. (gerakan akhir)
Forehand
Setiap pengembalian atau pukulan yang dilakukan dari sisi tubuh yang dominan.
Forehand grip
Cara anda memegang raket untuk mengembalikan bola dari sisi yang dominan. Grip handshake atau pistol merupakan grip fore-hand yang paling umum dalam permainan bulutangkis.
Frontcourt
Kira-kira 11 kaki (3,35 meter) pertama dari lapangan pada kedua sisi net atau bagian tengah dari net. (lapangan bagian depan)
Game
Pertandingan yang memiliki sasaran sejumlah angka tertentu.
Hairpin drop shot
Bentuk dari pukulan drop yang dimainkan dari dekat net dimana bola bergerak naik pada satu sisi net dan bergerak turun pada sisi lainnya sehingga membentuk lintasan yang tajam. (pukulan drop tajam)
Hands down
Ini mengacu pada pasangan atau yang kehilangan kesempatan meservis. One hand down berarti pemain pertama kehilangan servis. Two hands berarti kedua pemain kehilangan servis
mengindikasikan pergantian bola (servis over). Servis awal pada permainan ganda dimulai dengan one hand down.
Inning
Giliran perorangan atau regu untuk melakukan servis atau mengembalikan servis dari salah satu sisi lapangan. (babak)
IBF
International Badminton Federation merupakan badan pemerintahan untuk permainan dan pertandingan bulutangkis & seluruh dunia. (Federasi Bulutangkis Internsional)
Let
Suatu bentuk campur tangan di mana angka terpaksa dimainkan kembali.
Love
Dalam penilaian, berarti kosong atau belum ada angka yang didapat.
Love-all
Kosong sama atau belum ada angka yang didapat.
Match
Pertandingan yang memiliki jumlah game tertentu. Untuk memenangkan match, anda biasanya harus memenangkan dua dari tiga permainan/game.
Match point
Angka yang memenangkan match.
Mixed doubles
Permainan di mana pemain putra dan putri bermain berpasangan. (ganda campuran)
Net shot
Setiap pengembalian di mana bola mengenai net dan jatuh ke bagian lapangan lawan. Istilah ini juga dapat digunakan untuk setiap pukulan pengembalian drop yang dilakukan dari dekat net. (pukulan net)
Overhead
Setiap pukulan yang dilakukan pada angka di atas ketinggian kepala.
Placement atau Placing
Pengembalian untuk memukul titik tertentu pada lapangan lawan di mana lawan akan sulit mengembalikan bola. (penempatan)
Push shot
Pengembalian atau pukulan yang didorong dengan halus ke lapangan lawan. Dalam partai ganda, pukulan ini biasanya berarti malewati lawan yang berada di dekat net.(pukulan push)
Rally
Istilah ini mengacu pada pertukaran bola melintasi net antara pemain yang berlawanan dalam memperebutkan setiap angka.
Ready position
Ini adalah posisi dasar menunggu anda di dekat bagian tengah lapangan, yang sama jaraknya dari semua sudut lapangan. Posisi ini memberikan kesempatan yang paling baik untuk meraih semua pengembalian yang dilakukan lawan. (posisi siap)
Receiver
Setiap pemain yang menerima servis. (pemain yang menerima serbis)
return
Setiap metode pemukulan untuk mengembalikan bola melintasi net kembali ke arah lawan. (pengembalian)
Serve or service
Tindakan menempatkan bola dalam permainan pada awal angka atau rally. (servis)
Server
Pemain yang melepaskan pukulan pertama. (pemain yang melakukan servis)
Service court
Salah satu dari dua bagian lapangan yang dipisahkan oleh net di mana servis harus diarahkan. Terdapat lapangan servis kanan dan kiri untuk permainan ganda dan tunggal. Lapangan tersebut memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda. (lapangan servis)
Service over
Anda kehilangan servis, servis berpindah ke lawan anda. (pindah servis)
Setting
Metode memperpanjang permainan seri yang merupakan hal yang unik dalam bulutangkis. Game angka ditambah jika skor ketat 9-sama atau 10-sama terjadi dalam tunggal putri atau 13-sama atau 14-sama dalam tunggal putra dan ganda. Pilihan untuk menentukan setting ditentukan oleh pemain atau regu yang meraih skor sari terlebih dahulu.
Short service line
Ini adalah garis bagian depan yang menentukan lapangan servis awal dan terletak 6 kaki dan 6 inchi (1,98 meter) dari net. (garis servis pendek)
Shuttle atau shuttlecock
Benda yang digunakan dalam permainan bulu tangkis. Sama dengan bola.
Side out
Kehilangan servis. Sama dengan servis over, pindah servis, atau two hands down dalam partai ganda.
Singles service court
Ini merupakan daerah servis di mana servis tunggal harus dilepaskan. Kedua sisi lapangan bulu tangkis memiliki lapangan servis kanan dan kiri untuk tunggal. Kedua lapangan servis tersebut dibatasi oleh garis servis pendek, garis tengah, garis samping untuk tunggal dan garis batas belakang.
Shuttler
Pemain bulutangkis atau pebulutangkis.
Singles sideline
Garis samping pada lapangan partai tunggal menentukan bagian luar dari lapangan permainan tunggal. Lapangan untuk partai tunggal adalah 17 kaki (5,18 meter) lebar dari garis samping kiri ke garis samping kanan. (garis samping lapangan tunggal)
Smash
Pengembalian atau pukulan overhead yang dipukul ke arah bawah menuju lapangan lawan dengan kecepatan dan kekuatan yang besar.
Stroke
Tmdakan memukul bola dengan raket anda.
(pukulan)


ISTILAH-ISTILAH DALAM OLAHRAGA TENIS LAPANGAN
Ace – Servis yang dilakukan pemain dimana bola masuk dan tidak dapat dijangkau oleh pemain lawan.
Ad court – Bagian sisi kiri dari lapangan tenis terhadap masing-masing pemain.
Advantage – Poin ketika seseorang telah mendapatkannya setelah deuce dan butuh satu poin lagi untuk memenangkan sebuah game.
All-court – Tipe permainan yang menggabungkan seluruh tipe yang ada di tenis termasuk serve and volley, dan baseline.
Alley – Daerah pada lapangan tenis diantara garis single dan double.
Approach shot – Pukulan yang digunakan sebagai set up sebelum pemain maju ke depan net, umumnya menggunakan pukulan slice atau topspin yang lebih cepat dari pukulan dalam suatu reli.
ATP – Association of Tennis Professionals, Asosiasi tenis putra profesional.
ATP Champions Race – Sistem perhitungan peringkat pemain ATP berdasarkan poin yang dikumpulkan mulai pada awal tahun hingga akhir tahun. 8 pemain teratas pada akhir tahun akan bertarung pada ATP Tennis Masters Cup.
Australian formation – Formasi yang digunakan di permainan ganda dimana pemain yang berada di depan net berdiri di tengah net untuk menghadang bola return yang datang menyilang (cross court).
Backhand – Jenis pukulan tenis dimana punggung tangan yang memegang raket dihadapkan ke depan dan pemain memukul bola menggunakan bagian belakang dari raket.
Backspin – (dikenal juga sebagai slice atau underspin), pukulan yang memberikan efek putaran ke belakang setelah bola dipukul.
Backswing – Bagian dalam fase pukulan tenis dimana raket diayunkan ke belakang dalam rangka persiapan untuk memukul bola dengan ayunan ke depan.
Bagel – kemenangan atau kekalahan set dengan skor 6-0.
Ball Person – Seseorang (laki-laki atau perempuan) yang bertugas untuk memungut bola pada pertandingan tenis.
Baseline – daerah di luar garis akhir dari zona permainan di dalam lapangan tenis.


ISTILAH DALAM OLAHRAGA TENIS LAPANGAN

Bye – Fase dalam turnamen dimana pemain otomatis melaju ke babak berikutnya tanpa melawan pemain lain.
Call – Penilaian dari hakim garis yang mengatakan bahwa bola keluar daerah permainan.
Cannonball – Ungkapan lama yang menjelaskan sebuah pukulan servis yang flat dan keras.
Can Opener – Pukulan servis dari pemain yang mendarat di pertemuan antara garis batas permainan single dengan garis servis.
Carve – Jenis pukulan yang menggabungkan pukulan sidespin dan underspin.
Challenge – Peraturan baru dimana pemain dapat mengajukan peninjauan ulang terhadap bola yang dianggap keluar kepada wasit dengan menggunakan teknologi Hawk-Eye.
Baseliner – Tipe permainan yang sering bermain di daerah baseline dan sangat mengandalkan kualitas pukulan groundstroke-nya.
Big serve – Servis yang kencang dan bertenaga, umumnya memberikan keuntungan bagi pemain yang melakukannya.
Block – Sebuah pukulan bertahan yang menggunakan sedikit ayunan, umumnya ketika melakukan pengembalian servis (return).
Breadstick – Kemenangan atau kekalahan pada set dengan skor 6-1
Break – Memenangkan game dalam posisi menerima servis, maka disebut serve break.
Break back – Memenangkan game dalam posisi menerima servis setelah sebelumnya kehilangan game dalam posisi memegang servis.
Break point – Satu poin tertinggal untuk dapat melakukan break (atau pada posisi skor 30-40); double break point/ two break points pada skor of 15-40; triple break point pada skor 0-40
Buggy Whip – Pukulan forehand yang memiliki ayunan dari bawah ke atas dan tidak melakukan followthrough seperti yang normal (ayunan melintasi badan) melainkan berakhir di sisi badan yang sama.
Bye – Fase dalam turnamen dimana pemain otomatis melaju ke babak berikutnya tanpa melawan pemain lain.
Call – Penilaian dari hakim garis yang mengatakan bahwa bola keluar daerah permainan.
Cannonball – Ungkapan lama yang menjelaskan sebuah pukulan servis yang flat dan keras.
Can Opener – Pukulan servis dari pemain yang mendarat di pertemuan antara garis batas permainan single dengan garis servis.
Carve – Jenis pukulan yang menggabungkan pukulan sidespin dan underspin.
Challenge – Peraturan baru dimana pemain dapat mengajukan peninjauan ulang terhadap bola yang dianggap keluar kepada wasit dengan menggunakan teknologi Hawk-Eye.

ISTILAH DALAM OLAHRAGA TENIS LAPANGAN
Challenger – Turnamen yang memiliki level di bawah turnamen ATP. Pemain yang berkompetisi disini akan mendapatkan poin untuk dapat bermain di turnamen kelas ATP.
Chip – memblok pukulan dengan underspin.
Chip and charge – Sebuah strategi yang menggunakan pukulan underspin dalam mengembalikan servis lawan kemudian diikuti oleh pergerakan ke depan net.
Chop – Pukulan dengan underspin yang ekstrim.
Clean the Line/Clip the Line – Pukulan dimana sebagian bagian dari bola jatuh di garis permainan.
Closed stance – Cara memukul bola dengan posisi badan yang paralel dengan garis baseline.
Code Violation – Peraturan di ATP dimana pemain melakukan pelanggaran dengan cara mengeluarkan suara-suara negatif/makian atau memukul bola dengan keras tidak dalam permainan. Pelanggaran pertama akan diberikan peringatan, kedua akan diberikan penalti pengurangan poin, ketiga diberikan pengurangan game dan keempat pertandingan di hentikan untuk kemenangan lawan.
Counterpuncher – Tipe permainan baseliner yang cenderung defensif.
Court – Lapangan yang memiliki ukuran tertentu untuk memainkan permainan tenis.
Crosscourt – Memukul bola menyilang ke arah area permainan lawan.
Cross-over – Pemain yang menyebrangi net ke daerah lawan. Dapat dilakukan dengan maksud baik atau bermusuhan. Seringkali dalam permainan tenis di lapangan tanah liat pemain melintasi net untuk melihat jejak jatuhnya bola bila ia merasa dirugikan oleh keputusan wasit.
Cyclops – Sebuah alat yang dipasang untuk mendeteksi apakah bola servis yang dipukulkan masuk atau keluar. Alat ini segera berbunyi apabila bola jatuh di luar garis servis.
Dead net (dead net cord) – Situasi dimana seorang pemain mendapatkan keuntungan dari pukulannya yang menyentuh ujung net kemudian bergulir ke daerah lawan.
Deep – Pukulan dimana bola jatuh di dekat garis baseline.
Deuce – Situasi pada poin 40-40 dan pemain harus merebut dua poin berturut-turut untuk memenangkan sebuah game.
Deuce court – Sisi kanan lapangan tenis menurut masing-masing pemain.
Dink – Pukulan yang lamban dan tidak bertenaga.
Dirtballer – Pemain spesialis tanah liat.
Double Bagel – 2 set menang dengan skor 6-0, 6-0: lihat Bagel
Double Fault – Dua kali melakukan kesalahan pada saat melakukan sevis.

ISTILAH DALAM OLAHRAGA TENIS LAPANGAN
Doubles – Permainan tenis yang dimainkan oleh 4 orang, masing-masing 2 orang tiap sisi lapangan.
Down the line – Memukul bola lurus ke arah daerah permainan lawan.
Drop shot – Pukulan yang dipukul dengan pelan dan jatuh di dekat net untuk memancing pemain berlari ke depan.
Drop volley – Pukulan drop shot yang dihasilkan dari voli.
Fault – Kesalahan pada pukulan servis dimana bola jatuh di luar daerah servis yang dituju.
First Service – Pukulan servis pertama dari dua kesempatan pukulan yang diberikan kepada pemain untuk memulai permainan.
Flat – e.g. Pukulan yang tidak atau sedikit sekali memiliki efek spin pada bola.
Follow through – Ayunan lanjutan dari fase pukulan tenis setelah bola dipukul.
Foot fault – Situasi dimana pemain pada saat melakukan servis melakukan pelanggaran dengan cara kakinya menginjak atau masuk ke daerah permainan sebelum bola servis dipukul.
Forced error – Situasi dimana lawan melancarkan pukulan yang susah dijangkau sehingga bola bergulir keluar.
Forehand – Pukulan tenis sebuah pukulan di mana telapak tangan yang memegang raket dihadapkan ke depan dan pemain memukul bola dengan ayunan yang datang dari belakang badan pemain serta bagian depan raket menghadap bola.
Game point – Situasi dimana pemain yang sedang memimpin perolehan angka hanya membutuhkan satu poin lagi untuk memenangkan gane.
Golden Set – Memenangkan set tanpa kehilangan poin
Golden Slam – Memenangi seluruh Grand Slam dan menjadi merebut emas pada Olimpiade.
Grand Slam – Turnamen tenis yang paling bergengsi di seluruh dunia: Australian Open, French Open, Wimbledon dan French Open.
Groundies – lihat Groundstroke
Groundstroke – Pukulan backhand atau forehand yang dilakukan setelah bola memantul.
Hacker – Istilah untuk pemain pemula atau menengah.
Hail Mary – Pukulan lob yang sangat tinggi terutama untuk bertahan.
Half volley – Pukulan volley yang dilakukan tepat setelah bola memantul.
Head – (racket) Bagian dari raket yang terdapat senar.
Hold – Memenangi game pada posisi servis.

ISTILAH DALAM OLAHRAGA TENIS LAPANGAN
I-formation – (in doubles) Formasi pada permainan ganda diman kedua pemain berdiri pada sisi yang sama sebelum memulai permainan/melakukan servis.
Inside-out – Berlari ke arah sisi yang berlawanan dan memukul bola menyilang.
Inside-in – Berlari ke arah sisi yang berlawanan dan memukul bola lurus.
Insurance Break – mendapatkan keuntungan/poin dari dua kali servis break.
ITF – the International Tennis Federation, Asosiasi yang mengatur pertenisan dunia.J
Jamming – Pukulan servis atau pengembalian yang mengarah ke badan lawan.
Kick serve – Tipe pukulan servis yang menghasilkan spin dan membuat efek pantul bola yang lebih tinggi dari biasanya.
Lawn tennis – lawn sendiri artinya lapangan rumput, Asal mula permainan tenis yang dimainkan di lapangan rumput.
Let (let service) – Situasi dimana pukulan servis masuk namun menyentuh net sehingga pemain harus mengulang servisnya kembali.
Let – Istilah yang digunakan apabila terdapat situasi dimana bola dari lapangan lain masuk ke dalam lapangan kita pada saat permainan berlangsung sehingga poin saat itu harus diulangi. Dapat pula terjadi apabila bola dari jatuh dari kantung pemain dan masuk ke lapangan.
Line judge – Seseorang yang ditugaskan untuk mengamati jatuhnya bola pada permaian tenis. Orang ini dapat memberikan penilaian apakah bola jatuh di dalam atau di luar permainan namun keputusannya tetap berada di bawah seorang wasit.
Lob – Pukulan dimana bola melambung jauh di atas net.
Love – skor 0 (nol). Dipercaya berasal dari bahasa Perancis “l’ouef” yang artinya harfiahnya telur atau nihil.
Love game – Game yang dimenangkan dengan telak tanpa membuat lawan mencetak skor.
Lucky Loser – Pemain kualifikasi yang beruntung masuk ke dalam babak utama karena pemain yang seharusnya masuk mengundurkan diri.
Mac-Cam – Kamera berkecepatan tinggi yang dipakai untuk merekam jatuhnya bola dan dapat diputar ulang untuk melihat masuk atau keluarnya bola terutama di ujung garis baseline dalam permainan tenis.
Match point – Situasi dimana pemain membutuhkan satu poin untuk memenangkan sebuah permainan tenis. Apabila pemain tersebut dalam posisi servis untuk memenangkan pertandingan, maka istilahnya “Serving for the match” dan bila dalam posisi pertandingan final untuk memenangkan turnamen maka istilahnya “Serving for Championship“
Mini-break – memenangkan poin pada posisi menerima servis saat tie break.
Mis-hit – Situasi saat raket tidak mengenai daerah sweet spot pada raket tenis.
Mixed Doubles – Permainan tenis ganda campuran (laki-laki, perempuan vs laki-laki, perempuan).
Moonball – pukulan setengah melambung yang dilakukan dengan topspin.N
Net– Jaring-jaring yang dipasang melintang di tengah lapangan tenis dan dikaitkan pada tiang di sisi lapangan.

ISTILAH DALAM OLAHRAGA TENIS LAPANGAN
Net point – Poin yang dimenangkan dengan cara maju ke depan net.
New balls – Satu set bola baru untuk menggantikan bola lama yang telah aus dalam sebuah permaian tenis; pemain yang memegang servis dengan bola baru diharapkan menunjukan bola tersebut atau memberi tanda kepada pemain lain.
No-Man’s Land – Daerah pada lapangan tenis yang terletak di antara garis servis dan baseline.
Open stance – Memukul bola dengan posisi badan paralel terhadap garis baseline dan menghadap lawan.
Out – Semua bola yang jatuh di luar daerah permainan.
Overhead – (atau: ‘smash’) Situasi dimana pemain memukul bola di atas kepalanya; bila pukulannya keras maka disebut “smash“.
Overrule – Keputusan wasit untuk menganulir penilaian dari hakim garis.P
Passing shot – Pukulan yang dapat menembus pemain lawan pada saat dia berada di depan net, tetapi bukan melewati dengan cara lob.
Poaching – Gerakan memotong bola lawan yang menuju ke arah partner kita dalam permainan ganda.
Point – Periode saat permainan dimulai dengan servis yang masuk hingga akhir bola keluar.
Pusher – Pemain yang tidak berinisiatif untuk melakukan winner dan hanya mengembalikan bola saja.
Putaway – Pukulan untuk mengakhiri suatu poin dari situasi yang menguntungkan.Q
Qualies – Babak kualifikasi dimana pemain bertanding untuk memperebutkan tempat ke babak utama.
Racquet – (lihat Racket) Tongkat pemukul bola dengan gagang yang panjang dan memiliki rangka kepala yang bundar/melengkung serta dilengkapi oleh senar ditengahnya.
Rally – (Following the service of a tennis ball) – Situasi pada saat permainan berlangsung dan masing-masing pemain bertukar pukulan yang diakhiri oleh keluarnya bola dari daerah permainan karena kesalahan seorang pemain atau masuknya bola pada daerah permainan lawan tanpa bisa dijangkau oleh pemain tersebut.
Receiver – Pemain yang menerima pukulan servis.
Referee – Seseorang yang bertanggung jawab untuk menjadi wasit dalam pertandingan.
Retriever – Pemain baseliner dengan gaya permainan bertahan.
Round of 16 – Babak perdelapan final sebelum memasuki perempat final dimana tersisa 16 pemain yang berkompetisi.
Round Robin – Sistem turnamen dimana pemain tereliminasi setelah dua kali menelan kekalahan.
Second Service – Kesempatan kedua dan terakhir bagi pemain untuk melakukan servis.
Serve – (atau ‘service‘) Pukulan untuk memulai permainan.

ISTILAH DALAM OLAHRAGA TENIS LAPANGAN
Service game – Sebuah game dimana pemain memegang servis.
Serve and volley – Tipe permainan yang mengandalkan servis keras yang diikuti oleh pergerakan ke depan net untuk melakukan voli.
Set point – Situasi dimana pemain hanya membutuhkan satu poin untuk memenangkan suatu set.
Shank – Kesalahan dalam memukul bola dimana bola mengenai rangka dan bukan senar dari raket sehingga bola keluar daerah permainan.
Singles – Permainan tenis yang dimainkan oleh dua orang pemain yang saling berhadapan.
Sitter – Pukulan lemah yang jatuh agak tinggi dan baik untuk pemain melakukan “put away” atau mengakhiri poin.
Slice – (reli) memukul bola dengan underspin; (servis) servis dengan pukulan sidespin.
Smash – Variasi dari pukulan overhead dimana pemain memukul bola di atas kepalanya dengan keras dan sulit untuk diterima lawan.
Spank – Pukulan flat yang keras dan bertenaga.
Spin – Rotasi bola akibat efek dari pukulan pada saat bola melambung di udara.
Split step – Teknik footwork yang melakukan langkah-langkah kecil tepat sebelum akan memukul bola.
Spot Serving/Server – Pukulan servis dengan teknik memukul bola ke sudut, baik itu di tengah garis servis maupun di persimpangan antara garis servis dengan sisi garis permainan single.
Squash Shot – Pukulan slice dengan menggunakan forehand; umumnya digunakan pada posisi bertahan.
Stick the Volley – Hasil pukulan voli yang tajam dan mematikan.
Straight sets – Memenangkan pertandingan tanpa kehilangan satu set pun.
Strings – Material yang dikaitkan pada kepala raket untuk memukul bola.
Stroke – memukul bola.
Sweetspot – Bagian tengah dari kepala raket yang disenar yang merupakan tempat ideal untuk memukul bola.
Tanking – Kesengajaan untuk mengalah dalam suatu permainan tenis karena mental yang buruk atau alasan lain.
Tennis Ball – Alat untuk bermain tenis yang terbuat dari bahan karet berisi udara dan dilapisi oleh serat bulu sintetis.
T – Garis perpotongan antara garis tengah dengan garis servis dan membentuk hurf T.
Tennis Bubble – Fasilitas lapangan tenis dalam ruangan yang berbentuk kubah.
Tennis Elbow – Cedera yang umumnya dialami oleh pemain pemula karena teknik yang kurang sempurna atau memakai raket yang menyalurkan getaran pukulan ke tangan.

ISTILAH DALAM OLAHRAGA TENIS LAPANGAN
Tiebreak (also: tiebreaker) – Game dengan perhitungan khusus pada posisi skor 6-6 untuk menentukan pemenang dari set tersebut. Pemain yang lebih dulu mendapatkan poin 7 dengan marjin 2 angka yang akan menjadi pemenangnya.
Topspin – Pukulan yang menghasilkan putaran bola ke depan dengan laju bola bersifat parabolik
Touch – Terjadi apabila bagian badan dari pemain menyentuh net pada saat bola masih dimainkan.
Tramline – Garis di sisi lapangan yang membatasi daerah permainan single atau ganda.
Tweener – Pukulan trik yang dilakukan dengan cara memukul bola diantara kaki atau selangkangan. Biasanya dilakukan oleh pemain yang menerima lob pada saat maju ke depan. Pukulan ini pertama kali dipopulerkan oleh Yannick Noah.
Twist Serve – Pukulan servis yang menggabungkan antara pukulan slice dengan topspin sehingga menghasilkan bola yang bersifat parabolik dan memantul tinggi di daerah lawan.
Underspin – Putaran bola ke arah belakang dan mengakibatkan bola mengambang serta memantul rendah di permukaan lapangan.
Umpire – (during play) – Seseorang yang ditugaskan memimpin pertandingan sebagai wasit utama dan umumnya duduk di kursi yang tinggi di sebelah net.
Underarm service – Pukulan servis yang dilakukan dari posisi bawah bahu. Pada level profesional servis jenis ini dianggap sebagai penghinaan sebagaimana yang dilakukan oleh Martina Hingis dalam beberapa kesempatan.
Unforced error – Kesalahan yang dilakukan atas dasar kesalahan pemain sendiri dan bukan karena tekanan dari pemain lawan.
Vibrazorb – Alat kecil yang ditempatkan diantara senar dan berguna untuk mengurangi getaran pada saat raket memukul bola.
Volley – Forehand atau backhand yang dilakukan tanpa menunggu bola memantul terlebih dahulu.
Walkover (WO) – Walkover atau biasa disebut WO adalah kemenangan tanpa perlawanan. WO dapat dinyatakan sebagai bye dan umumnya terjadi ketika pemain lawan tidak datang ke pertandingan ataumengalami cedera.
Whiper Wip – Followthrough atau ayunan lanjutan yang umumnya digunakan oleh pemain modern saat ini. Pola ayunannya mirip dengan gerakan whiper mobil berbentuk kipas.
Wild card – Sebuah situasi khusus dimana pemain mendapatkan jatah untuk bermain pada suatu turnamen walaupun peringkatnya tidak mencukupi untuk dapat bermain dalam turnamen tersebut.
Winner – Pukulan yang tidak dapat dijangkau oleh lawan dan mendapatkan poin; pukulan servis yang dapat dijangkau namun tidak dapat dikembalikan oleh lawan dan menghasilkan poin.
WTA – Women’s Tennis Association, Asosiasi tenis wanita profesional.

Istilah Istilah-istilah yang perlu diketahui dalam tenis lapangan
Nah inilah istilah-istilah dalam tenis yang perlu kita ketahui, yaitu :
ace (as) : servis yang tidak dapat dijangkau atau dikembalikan oleh lawan
advantage/ad : angka pertama yang diraih setelah deuce. Apabila pemain yang memegang servis mendapat angka, ini disebut ad in (keuntungan berada di pihaknya). Kalau pemain yang menerima servis mendapat angka, maka keuntungan pemegang servis akan hilang
all (sama) : posisi angka seri ( 30 sama, 3 sama, dsb)
alley : daerah antara garis luar lapangan untuk nomor tunggal dan ganda di kedua sisi lapangan.(garis luar lapangan untuk nomor ganda lebih lebar daripada nomor tunggal dengan tambahan alley tersebut)
approach : pukulan yang dilakukan sambil berlari mendekati jaring untuk membuat lawan berada di posisi bertahan
backcourt (lapangan bagian belakang) : daerah antara garis servis dan garis belakang
backhand : pukulan untuk membalikkan bola yang dilakukan saat bola berada disebelah kiri pemain yang menggunakan tangan kanan dan saat itu bola berada disebelah kanan pemain kidal
choke-up : memegang raket diatas kepala
crosscourt shot (pukulan silang) : pukulan yang dilakukan secara menyilang
deep service (servis dalam) : servis yang jatuh didaerah servis dekat garis servis lapangan lawan
deep shot (pukulan dalam) : pukulan yang jatuh dekat garis belakang lapangan lawan
deuce : kedudukan angka 40-40 (angka seri dab setiap pemain sudah mendapatkan paling sedikit 3 angka)
deuce court : lapangan bagian kanan, dinamakan demikian karena setiap kali angka didapat dalam posisi deuce, servis dilakukan dibagian lapangan tersebut
double fault : apabila pemain gagal dalam melakukan servis sebanyak dua kali kesempatan, maka pemain akan kehilangan angka
double : pertandingan yang terdapat empat pemain, dua orang disetiap tim
down-the-line shot (pukulan lurus) : bola yang jatuh menyusur garis luar lapangan
drop shot : bola yang segera jatuh di depan jaring setelah melewatinya
fault : kesalahan saat melakukan servis
flat stroke (pukulan/servis datar) : pukulan yang meluncur datar dengan sedikit lengkungan dan putaran
foot fault : kesalahan yang terjadi karena pemain menginjak garis belakang/bagian belakang lapangan pada saat melakukan servis
forhen : pukulan untuk mengembalikan bola yang dilakukan saat bola berada disebelah kanan pemain yang menggunakan tangan kanan dan saat bola berada disebelah kiri pemain kidal
game (babak) : suatu bagian dari set yang diselesaikan setelah salah satu pemain/tim mendapat 4 poin, atau 2 poin berturut-turut setelah deuce
in : bola yang jatuh di bagian lapangan lawan
ground stroke (pukulan pantul) : pukulan, forhen maupun back hand yang dilakukan setelah bola memantul lapangan
let : pengulangan permainan yang disebabkan oleh gangguan. juga terjadi di saat servis menyentuh jaring bagian atas dan jatuh dibidang permainan lawan dan harus diulang
lob (pukulan panjang) : pukulan tinggi yang diarahkan hingga melewati kepala lawan yang mendekati jaring
lob volley : pukulan lob yang dilakukan dengan meelambung
net game : permainan yang dilakukan pada saat kedua pemain berada di depan net
out : bola yang jatuh diluar bagian daerah servis lawan
overhead : pukulan yang dilakukan pada saat bola berada diatas kepala pemain
poin : bagian terkecil skor, diberikan kepada pemain saat lawan tidak dapat mengembalikan bola dengan baik
rally : serangkaian pukulan masuk yang dilakukan secara berturut-turut dan juga prosedur dalam latihan saat pemain saling memukul dan mengembalikan bola
service break : babak (game) yang dimenangkan pemain penerima servis
servis : pukulan pertama untuk setiap poin
set : penilaian yang diberikan kepada pemain/tim yang telah memenangkan: a). enam game/lebih dengan selisih dua game dengan lawan, b). enam game dan tie break saat kedudukan 6 sama
shot : memukul bola melewati jaring dan jatuh di bidang permainan lawan
single : pertandingan antara dua orang pemain
slice : memukul bola dengan efek memutar bola
smash : pukulan di atas kepala yang dilakukan dengan keras
spin : putaran bola
stroke : tindakan memukul bola dengan raket
tie break game : sistem yang digunakan pemenang set saat kedudukan 6 sama
volley : memukul bola sebelum bola menyentuh tanah
1. Forehand:
Sebuah pukulan di mana telapak tangan yang memegang raket dihadapkan ke depan.
2. Backhand:
Sebuah pukulan di mana punggung tangan yang memegang raket dihadapkan ke depan.
3. Groundstroke:
Sebuah pukulan forehand atau backhand yang dilakukan setelah bola memantul sekali di lapanganmu.
4. Slice:
Pukulan forehand atau backhand dimana kepala raket dimiringkan sedikit dan dipukul dengan cara mengayunkan raket dari atas ke bawah.
5. Spin:
Pukulan forehand atau backhand dimana raket dimiringkan sedikit atau banyak dimana jika mengenai bola akan mengalami perubahan arah (berputar).
6. Dropshot:
Sebuah pukulan yang mengenai net lalu jatuh di daerah lawan.
7. Smash:
Sebuah pukulan keras yang menghantam sebuah bola tanpa menyentuh tanah di atas kepala dan diarahkan ke lapangan sang lawan.
8. Lob:
Sebuah pukulan dimana bola dipukul tinggi ke jurusan sebelah belakang lawan.
9. Passing shot:
Sebuah pukulan dimana bola melalui (bukan melintas di atas) musuh yang berada di dekat net.
10. Volley:
Pukulan forehand atau backhand sebelum bola memantul di lapanganmu.


ISTILAH-ISTILAH DALAM OLAHRAGA TENIS MEJA
antispin
Lembaran karet inverted yang sangat licin, sehingga spin tidak terjadi. Antispin biasanya dilapisi dengan spn mati/gundul dan sering digunakna untuk pukulan bertahan. antispin dikenal juga dengan anti.
blade: bet, biasanya tanpa menggunakan pelapis (bisang bet)
close racket: posisi bet dimana bagian untuk memukul diarahkan ke bawah (tmk: lantai, bagian bat yang mengenai bola mengarah ke lawan)
crosscout: Bola yang dipukul secara diagonal dari sudut ke sudut lainnya (menyilang).
crossover: tipe footwork untuk menjaga sisi forehand yang terjauh (tmk: bergerak melangkah dari sisi kiri ke sisi kanan jauh meja, dalam rangka menempatkan diri untuk memukul bola)
dead: bola tanpa spin (mati)
deep: 1. bola yang memantul di sisi meja lawan yang sangat dekat dengan garis akhir (endline); 2. serve atau push yang tidak akan memantul dua kali pada sisi meja lawan bila dibiarkan
double bounce: bola yang memantul dua kali pada sisi meja yang sama. Pemain di sisi meja tersebut akan kehilangan poin.
down the line: bola yang dipukul lurus pada satu sisi meja, paralel dengan garis pinggir (lurus).
drop shot: pukulan tenismeja dengan menempatkan bola sependek mungkin ke dalam meja lawan sehingga lawan tiba-tiba mengalami kesulitan untuk menggapainya. (tmk: dropshot biasa digunakan melawan pemain chop yang sedang asik berada jauh dari meja)
flat: bola yang tidak memiliki spin, biasanya bergerak dengan cepat. (tmk: bola yang bergerak datar; lintasan kurva datar/rata/tidak melengkung)
flip: pengembalian bola secara agresif yang mendarat dekat net dilakukan secara topspin (tmk: menyerang serve pendek)
footwork: bagaimana cara pemain bergerak sebelum melakukan pukulan
free hand: tangan yang tidak memegang bet (tangan yang bebas)
serve high toss: serve dimana bola dilambungkan tinggi ke udara. Ini meningkatkan spin dan gerakan menipu
inverted: merupakan pelapis bet yang paling umum yang terdiri atas selembar karet berbintik-bintik kedalam di bagian atas lapisan spons. Bintik-bintiknya mengarah ke dalam, ke arah spons, sehingga permukaan licin berada di luar. Ini merupakan kebalikan dari spons pips-out, dimana bintik-bintiknya mengarah keluar, berlawan arah dengan spons.
ITTF: International Tabel Tennis Federation.
let: bila permainan diinterupsi oleh wasit karena alasan apa saja saat terjadi rally. Ketika let diberlakukan, poin tidak dihitung pada kedua pemain. (lihat, Aturan Tenis Meja)
let services: salah satu let dimana bola mengenai net dan mengenai bagian meja lawan
loaded: bola dengan kadar spin yang banyak (berisi) long pipes, loop, match, open racket, pen holder, pips-out, playing suface, push, racket, rally, rubber, serve, shakehand grip, short, sidespin, samash, speed glue, spin, spns, stroke, volley

ISTILAH-ISTILAH DALAM OLAHRAGA TENIS MEJA
Antispin
Lembaran karet inverted yang sangat licin, sehingga spin tidak terjadi.
- Blade
Bet, biasanya tanpa menggunakan pelapis.
- Close racket
Posisi bet dimana bagian untuk memukul diarahkan ke bawah.
- Crosscout
Bola yang dipukul secara diagonal dari sudut ke sudut lainnya (menyilang).
- Crossover
Tipe footwork untuk menjaga sisi forehand yang terjauh.
- Dead
Bola tanpa spin (mati).
- Deep
Bola yang memantul di sisi meja lawan yang sangat dekat dengan garis akhir (endline).
- Double bounce
Bola yang memantul dua kali pada sisi meja yang sama. Pemain di sisi meja tersebut akan kehilangan poin.
- Down the line
Bola yang dipukul lurus pada satu sisi meja, paralel dengan garis pinggir (lurus).
- Drop shot
Pukulan tenismeja dengan menempatkan bola sependek mungkin ke dalam meja lawan sehingga lawan tiba-tiba mengalami kesulitan untuk menggapainya.
- Flat
Bola yang tidak memiliki spin, biasanya bergerak dengan cepat.
- Flip
Pengembalian bola secara agresif yang mendarat dekat net dilakukan secara topspin.
- Footwork
Bagaimana cara pemain bergerak sebelum melakukan pukulan.
- Free hand
Tangan yang tidak memegang bet.
- Serve high toss
Serve dimana bola dilambungkan tinggi ke udara.
- Inverted
Merupakan pelapis bet yang paling umum yang terdiri atas selembar karet berbintik-bintik kedalam di bagian atas lapisan spons.
- ITTF
International Tabel Tennis Federation.


ISTILAH-ISTILAH DALAM OLAHRAGA TENIS MEJA
- Let
Bila permainan diinterupsi oleh wasit karena alasan apa saja saat terjadi rally.
- Let services
Salah satu let dimana bola mengenai net dan mengenai bagian meja lawan.
- Loaded
Bola dengan kadar spin yang banyak (berisi).

Istilah-istilah Dalam Permainan Tennis Lapangan

- Ace (as)
Servis yang tidak dapat dijangkau atau dikembalikan oleh lawan.
- Advantage/ad
Angka pertama yang diraih setelah deuce.
- Alley
Daerah antara garis luar lapangan untuk nomor tunggal dan ganda di kedua sisi lapangan.
- Approach
Pukulan yang dilakukan sambil berlari mendekati jaring untuk membuat lawan berada di posisi bertahan.
- Backcourt
Daerah antara garis servis dan garis belakang.
- Backhand
Pukulan untuk membalikkan bola yang dilakukan saat bola berada disebelah kiri pemain yang menggunakan tangan kanan dan saat itu bola berada disebelah kanan pemain kidal.
- Choke-up
Memegang raket diatas kepala.
- Crosscourt shot
Pukulan yang dilakukan secara menyilang.
- Deep service
Servis yang jatuh didaerah servis dekat garis servis lapangan lawan.
- Deep shot
Pukulan yang jatuh dekat garis belakang lapangan lawan.
- Double fault
Apabila pemain gagal dalam melakukan servis sebanyak dua kali kesempatan, maka pemain akan kehilangan angka.
- Down-the-line shot
Bola yang jatuh menyusur garis luar lapangan.


ISTILAH-ISTILAH DALAM OLAHRAGA TENIS MEJA

- Drop shot
Bola yang segera jatuh di depan jaring setelah melewatinya.
- Fault
Kesalahan saat melakukan servis.
- Forhen
Pukulan untuk mengembalikan bola yang dilakukan saat bola berada disebelah kanan pemain yang menggunakan tangan kanan dan saat bola berada disebelah kiri pemain kidal.
- Ground stroke
Pukulan, forhen maupun back hand yang dilakukan setelah bola memantul lapangan.
- Lob volley
Pukulan lob yang dilakukan dengan melambung.
- Out
Bola yang jatuh diluar bagian daerah servis lawan.
- Overhead
Pukulan yang dilakukan pada saat bola berada diatas kepala pemain.
- Rally
Serangkaian pukulan masuk yang dilakukan secara berturut-turut.
- Servis
Pukulan pertama untuk setiap poin.
- Set
Penilaian yang diberikan kepada pemain/tim yang telah memenangkan.
- Smash
Pukulan di atas kepala yang dilakukan dengan keras.
- Spin
Putaran bola.
- Stroke
Tindakan memukul bola dengan raket.

5 komentar:

  1. wah buanyak banget ya istilah dalam olah raga, termasuk bola basket favourit saya.

    BalasHapus
  2. Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaPelangi.com
    Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^

    Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online

    Fasilitas BANK yang di sediakan :

    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Ayo buktikan sendiri dan menangkan jutaan rupiah

    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami
    -BBM : 2AE190C9
    -Loginsite : Legendapelangi.com

    BalasHapus
  3. Mau tanya apa itu trebel ya..?
    .. Makasi ..

    BalasHapus