Generic Banner

Selasa, 22 Maret 2016

Sejarah Fungsi Penggunaan 11 Program Populer

Sejarah singkat, fungsi dan cara penggunaan 11 program populer yaitu : ms word, ms excell, ms power point, window movie maker, blog, e-mail, e-learning, cutting film, e-book, search engine, facebook.

1. Ms. Word
a. Sejarah
Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word

Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap.

Selain, Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya.

Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007. (https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Word)

b. Fungsi dalam pembelajaran
Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen.

c. Cara penggunaan
1) Klik Start - Program - Microsoft Word
2) Klik Start - Program/All Program - Microsoft Office - Microsoft Word
setelah program terbuka ada beberapa panduan dasar tentang pengetikan dalam penggunaannya:
pertama:
 untuk menebalkan Huruf klik icon /simbol B (Crtl + B)
 Untuk memiringkan huruf klik icon/ Simbol I (Ctrl + I)
 Untuk memberi garis bawah klik icon/ Simbol U (Ctrl + U)
 Sedangkan untuk memberi rata kiri klik icon align Left(Ctrl + L), Rata Kanan Align Right (Ctrl+R), Rata Tengah : Center(Ctrl + E), Rata Penuh atau Kanan-Kiri Klik Justify (Ctrl + J)
2. Ms. Excell
a. Sejarah.
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program lembar penjabaran yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS DOS karena disana sudah ada saingannya yakni Lotus 1-2-3.
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul pada November 1987. Microsoft dengan menggunakan keunggulannya, rata – rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Winows terakhir adalah Microsoft Excel 2007.
Excel menawarkan banyak keunggulan jika dibandingkan dengan program lembar penjabaran yang mendahuluinya. Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau rumus dengan berisi referensi absolut atau referansi relatif terhadap sel lainnya. Excel juga menawarkan perhitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, dimana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilainya.
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Ketajaman Dasar untuk Mengaplikasi, yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsu-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna.

b. Fungsi dalam pembelajaran
Ada banyak fungsi yang disediakan Microsoft Office Excel yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika diantaranya adalah: Statiska, Fungsi matematika seperti logaritma dan akar. Fungsi Statistik seperti penjumlahan, rata-rata dan permutasi Fungsi Trigonometri seperti sin dan tangen Fungsi Matriks seperti determinan matriks, invers matriks, hasil perkalian matriks Fungsi Logika seperti komparasi Boolean, dan Fungsi keuangan seperti periode pembayaran dan suku bunga. Yang akan dibahas disisni adalah tentang statistika,

c. Cara penggunaan
 Langkah pertama untuk membuka Ms. Excel ini adalah klik start terlebih dahulu lalu pilih opsi program.
 Jika Anda menggunakan Ms. Office 2007, cari opsi menu Microsoft Office 2007 lalu klik menu Microsoft excel.
 Tunggu sampai beberapa saat hingga terdapat tampilan kerja spreadsheet Microsoft Excel.
 Judul window: biasanya terletak dibagian paling atas yang menampilkan sebuah tulisan berupa nama workbook dan Microsoft Excel.
 Office button: berfungsi untuk menggantikan sebuah menu File yang terletak di bagian atas pojok kiri. Pada bagian ini terdapat perintah berupa Save, Print dan Open. Ada lagi perintah baru lainnya seperti Inspect Document dan Finish Publish.
 Tab sistem menu: berupa menu system sebagai sarana komunikasi antara excel dan penggunanya.
 Ribbon: berupa perintah submenu yang berasal dari tab sistem menu.
 Penggulung sheet: berfungsi melihat worksheet yang tak terlihat pada bagian layar. Pada Excel sendiri terdapat 2 penggulung sheet, yaitu vertikal dan horizontal.
 Baris Formula: baris formula atau formula bar menyediakan 3 menu informasi, seperti name box yang terletak pada bagian paling kiri berupa informasi mengenai nama dari range atau sel, tandan “=” bisa digunakan dalam memperbaiki rumus, informasi paling kanan berupa isi.
 Judul kolom: berupa nama kolom.
 Nomor baris: mulai dari angka 1 hingga 65536 baris.
 Baris status: berupa informasi yang berkaitan dengan aktivitas yang berlangsung dari Ms. Excel atau status dari keyboard.
 Tab sheet: Ms. Excel sendiri menyajikan 3 sheet. Sheet umumnya disebut sebagai worksheet, sementara workbook sendiri berupa kumpulan
 Penunjuk Sel: berupa petunjuk aktivitas yang dilakukan Ms. Excel
 Workbook sendiri terdiri dari cara membuat buku kerja, menyimpan buku kerja dan menutup buku kerja.
 Keluar dari lembar kerja Ms. Excel.


3. Mw. Power point
a. Sejarah
Microsoft Powerpoint dikembangkan pertama kali oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin. Waktu itu, microsoft powerpoint digunakan sebagai presenter untuk perusahaan Forethought.Inc yang kemudian namanya diubah menjadi Powerpoint.
Powerpoint versi 1 dirilis pada tahun 1987 dan komputer yang didukungnya adalah Macintosh. Kala itu powerpoint masih menggunakan warna hitam putih saja dan mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparasi OHP (OverHead Projector).
Di tahun berikutnya, microsoft powerpoint muncul dengan dukungan warna setelah macintosh berwarna muncul dipasaran.
Pada tanggal 31 Juli 1987, Microsoft mengakuisisi Forethought.Inc dengan powerpoint seharga 14 juta dollar.
Mengikuti Microsoft Windows 3.0, versi Ms. Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul di pasaran tepatnya pada tahun 1990. Semenjak tahun 1990 inilah Microsoft Powerpoint tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office terkecuali Basic Edition.
Sampai saat ini Microsoft PowerPoint terus berkembang dan mengalami penambahan fitur dari tahun ke tahunnya. Versi terbaru dari Ms. Powerpoint adalah Microsoft Office PowerPoint 2013 (versi 15) yang dirilis bulan Januari 2015.
Dalam Microsoft PowerPoint 2013 ini, antarmuka dengan pengguna dan grafik sangat ditingkatkan sehingga Microsoft PowerPoint lebih menarik dan userfriendly.
Versi ini juga menawarkan format data XML dengan ekstensi .pptx yang sebelumnya merupakan data biner dengan ekstensi .ppt

b. Fungsi dalam pembelajaran
Kegunaan atau fungsi dari ms powerpoint adalah sebagai berikut :
 Sarana untuk mempermudah sebuah presentasi.
 Membuat sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat komputer.
 Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan cantik dengan dukungan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template/desain yang akan dipergunakan.
 Mempermudah dalam membuat, mengatur dan mencetak berbagai slide.

c. Cara penggunaan.
1) Buka Microsoft PowerPoint sobat kemudian silahkan sobat pilih template yang sobat suka. Caranya klik menu Design lalu klik template yang diinginkan.
2) Silahkan ganti tulisan “Click To Add Title” dengan judul presentasi sobat, atau terserah deh mau diganti tulisan apa. Begitu juga tulisan “click tu add subtutile”
3) Sekarang kita akan menambahkan animasi pada tulisan “Tutorial For You” Animations/custom animation/add effect/entrance (boleh pilih yang lainnya) /more effects di add entrance effect ini silahkan klik satu-satu untuk mencoba efek animation yang dihasilkan. Jika sudah cocok klik Ok.
4) Save, untuk menampilkan klik Slide Show


4. Movie maker
a. Sejarah
Windows Movie Maker telah sekitar selama lebih dari 13 tahun, tanggal kembali ke pertama rilis pada tahun 2000. Telah mengesankan untuk melihat perubahan-perubahan yang terjadi karena sangat 1 versi diluncurkan, termasuk untuk PC yang datang diinstal dengan versi Windows Millennium Edition (ME). Jelas, ME digunakan dalam hubungannya dengan tahun Milenium ke-2. Jika Anda telah menggunakan Windows Movie Maker untuk beberapa waktu sekarang, Anda mungkin melihat beberapa perubahan dalam desain, tata letak, antarmuka atau bahkan fitur.

b. Fungsi dalam pembelajaran
Windows Movie Maker untuk mengcapture audio dan video dari camera video, web camera atau dari sumber video lainnya, lalu kemudian mengedit hasil capture tersebut menjadi sebuah movie. Selain itu anda dapat melakukan import audio, video maupun gambar ke dalam Windows Movie Maker untuk dipakai bersama movie yang dibuat. Dalam proses edit audio dan video menggunakan Windows Movie Maker Anda dapat pula menambahkan title, transisi dan efek visual sesuai dengan keinginan, untuk kemudian menyimpan hasil final berupa movie ke dalam berbagai format video.

c. Cara penggunaan
Cara menjalankan Windows Movie Maker:
 Klik Start.
 Klik All Programs.
 Klik Windows Movie Maker.
Cara Memanggil Video:
Sekarang Anda sudah dapat memanggil video untuk diedit:
Jalankan Windows Movie Maker seperti di atas.
 Klik menu File.
 Klik Import Media Items.
 Keluar kotak dialog Import Media Items.
 Klik Computer, kemudian carilah di mana video yang akan diedit, setelah ketemu klik ganda untuk memasukkan, atau klik satu kali kemudian klik Import.
 Maka video akan dimasukkan ke dalam Windows Movie Maker.

5. Cutting film
a. Sejarah.
Sejarah Video Editing dimulai pada tanggal 28 desember 1895 dengan ditandai oleh untuk pertama kalinya orang menonton film petunjukan di sebuah ruang yang diproyeksikan ke sebuah layar. Lumiere bersaudara menyewa sebuah ruangan bilyar tua di bawah tanah di Boulevard des Capucines, Paris yang kemudian dikenal sebagai ruangan bioskop pertama di dunia, yang kemudian tempat itu dikenal dengan nama Grand Café. Mulai saat itu menonton film menjadi sebuah pengalaman yang
baru untuk semua orang.
Film The Jazz Singer yang disutradarai oleh Alan Crosland yang dibuat pada tahun 1927 merupakan film hitam putih pertama yang menyajikan secara lengkap musik, dialog dan nyanyian. Yang sebelumnya film berupa film diam tanpa dialog
ataupun nyanyian. Hanya diiringi oleh live music performance.

b. Fungsi dalam pembelajaran
- untuk memotong bagian-bagian film hasil rekaman agar dalam penyajian tidak mengalami banyak film yang tidak berguna

c. Cara penggunaan
1) Buka windows movie maker kalian.
2) masukan video yang ingin anda potong. caranya klik "import video"
3) jika sudah masukan ke video track dengan cara klik kiri tekan pada video lalu lepaskan di video track
4) arahkan garis yang berwarna biru ke bagian yang ingin anda potong]
5) jika sudah di arahkan tekan "CTRL + C" maka video akan terpotong


6. Search engine
a. Sejarah .
Menurut Sejarah Search Engine Google dimana Search Engine yg dipergunakan dalam pekerjaan mencari sesuatu dari internet dikenal dengan nama Archie. Dibuat pada tahun 1990 oleh Alan Emtage, adalah salah satu siswa dari Universitas Mcgill di Montreal. Aplikasi tersebut tersebut mengambil daftar direktori dari semua file dan ditempatkan pada alamat FTP, Selanjutnya menciptakan suatu filename database yang bisa dilakukan pencarian akhir. Bila Aplikasi Archie meng-index file komputer, pekerjaan Gopher bertugas meng-index teks dokumen. Gopher dibuat pada tahun 1991 oleh Mark Mccahill dari Universitas Minnesota. Karena berbentuk file teks, hampir semua situs gopher menjadi website setelah terciptanya World Wide Web nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular.
Aplikasi yang lainnya yaitu “Veronica” dan “Jughead”, yang berfungsi untuk mencari file yang disimpan di dalam sistem index Gopher. Sejarah Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) memberikan hasil akhir pencarian dengan menggunakan kata kunci di menu judul dalam seluruh daftar Gopher. Jughead (Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display) adalah suatu alat untuk mendapatkan menu informasi dari beberapa macam Gopher server.
Selanjutnya Sejarah Search Engine pada web yang pertama adalah “Wandex”, suatu nowdefunct index yang dikumpulkan oleh World Wide Web Wanderer, suatu Web Crawler yang dikembangkan oleh Matthew Gray lulusan MIT tahun 1993. Pada tahun yang sama, sebuah search engine lainnya keluar yaitu Aliweb, yang saat ini masih ada. Search engine pertama kalinya yang “full text” atau search engine yang hampir semuanya tulisan adalah Web Crawler yang muncul pada tahun awal 1994. Sangat berbeda dengan search engine sebelumnya, web crawler yang lahir pada tahun 1994. Tidak seperti search engine sebelumnya, berkaca dari Sejarah Search Engine web crawler mengijinkan para pemakai mencari informasi dengan menggunakan kata apa saja pada halaman web mana saja. Sejarah Inilah yang menjadi standarisasi dari semua search engine yang ada sekarang ini.

b. Fungsi dalam pembelajaran
FungsiSearch Engine yaitu sebagai suatu fasilitas yang dipergunakan untuk mengeksplorasi berbagai data, informasi, dan pengetahuan yang ada di internet, mempercepat dan mempermudah dalam menemukan konten, informasi, website yang kita cari bahkan dapat mengetahui banyak hal melalui search engine tersebut seperti informasi- informasi yang bersifat umum maupun khusus.

c. Cara penggunaan.
1) Buka browser dan buka www.google.com
2) Pada kolom ketikkan kata kunci informasi yg ingin dicari misal Teknologi+Islami
3) Tekan Enter atau klik tombol Mesin Cari Google (Google Search)
4) Situs search engine tersebut akan menampilkan maksimal 10 link situs yang berkaitan dengan kata kunci.
5) Pilih link yang menurut anda tepat dengan cara mengerakkan mouse pada halaman web, bila tanda mouse berubah mejadi gambar tangan pada text atau gambar tertentu, itu menandakan bahwa teks atau gambar tersebut merupakan link, kalau kita klik link tersebut, maka halaman akan berganti sesuai dengan link yang kita klik.
6) Apakah halaman web yang terbuka menyajikan informasi yang kita cari, bila ya simpan, bila tidak maka kembali lagi ke halaman sebelumnya dengan meng-klik ikon back.

7. Email
a. Sejarah.
Sejarah Email (Surat elektronik ) sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.
E-mail berasal dari kata electronic mail. E-mail atau surat elektronik adalah salah satu cara untuk mengrimkan pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya. Pesan yang terdapat pada e-mail di buat dengan pengolahan kata yang menghasilkan suatu dokumen dan kemudian di kirim kan secara elektronik dengan menggunakan komputer. Komputer tersebut terhubung dengan komputer lainnya(misalnya dengan modem) dan data di kirimkan melalui jalur tersebut. E-mail merupakan alat komunikasi yang mudah, murah, dan cepat

b. Fungsi dalam pembelajaran.
1) Mempelajari hal-hal yang baru diluar buku teks sekolah
2) Akses lebih luas kedunia pendidikan. Dimana pelajar dapat mendaftar ke situs-situs yang memberikan referensi jurnal-jurnal ilmiah yang tersedia luas
3) Dapat melatih kemampuan untuk menulis. Dimana pelajar itu sendiri dapat belajar menggunakan tanda baca dan penggunaan huruf besar, melatih menggunakan kosakata yang tepat, belajar membaut kalimatdengan benar, dll.
4) Sebagai sarana bertukar informasi
5) Sebagai sarana untuk mengirim dokumen
6) Sebagai media untuk akses pembelajaran. Dimana email digunakan untuk mengambil bahan pelajaran, kemudian mengunggahnya.
7) Untuk mengisi kekosongan waktu, email dapa digunakan untuk memperluas pergaulan
8) Bertambahnya wawasan global, dll


c. Cara penggunaan.
1) Kunjungi, gmail.com, mail.yahoo.com atau yang lain kemudian Log In
2) Setelah masuk terdapat beberapa menu sebagai berikut :
 Mail
untuk menampilkan form kotak surat
 Address
untuk menampilkan daftar kotak surat
 Calendar
Untuk menampilkan tanggal tertentu
 Notepad
Untuk menampilkan teks editor
 Check Mail
Untuk mengecheck surat elektronik yang masuk
 Compose
Biasanya juga tertulis dengan kata "tulis" gunanya untuk membuat surat elektronik baru
 Inbox
Untuk melihat isi kotak surat
 Draft
Untuk menyimpan surat-surat elektronik yang gagal dikirim atau sengaja disimpan
 Bulk
Untuk melihat email sampah yang masuk ke kotak surat
 Trash
Untuk melihat e-mail sampah
 Delete
Untuk menghapus e-mail yang tidak diinginkan
 Spam
Untuk menampilkan e-mail yang dianggap tidak penting (sampah)
 Mark
Untuk menyeleksi e-mail
 Move
Untuk memindahkan e-mail ke folder tertentu
8. Facebook
a. Sejarah.
Facebook diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media komunikasi untuk mahasiswa Harvard.Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan,separuh dari mahasiswa Harvard telah memiliki account di Facebook.Tak hanya itu,beberapa kampus di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan di Facebook.
Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan 2 temannya untuk membantu mengembangkan Facebook.Facebook pernah ditawar oleh Friendster dan Yahoo,namun itu ditolak oleh Zuckrberg.
Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa.Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerjkantoran.Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.
Tidak ada jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user.Pada tahun 2007,terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya lebih dari 25 juta user aktif.

b. Fungsi dalam pembelajaran.
1) Membuat forum diskusi dengan anak didik kita dan memberikan umpan materi diskusi yang berkaitan dengan materi pelajaran di sekolah.
2) Memberikan alamat URL/Web yang berhubungan dengan materi pelajaran di sekolah, selanjutnya siswa di tugaskan untuk mempelajari materi tersebut yang kemudian bisa di bahas di sekolah.
3) Memberikan pekerjaan rumah (PR) melalui facebook, sehingga siswa tidak hanya menggunakan facebook untuk hal-hal yang kurang bermanfaat tetapi sebagai wadah komukasi antara guru dan siswa di luar jam sekolah.
4) Sebagai tempat tukar pendapat antara siswa dan guru dengan memberikan suatu masalah yang berkaitan dengan pembelajaran di sekolah.

c. Cara penggunaan.
1) Kunjungi Facebook.com, login masuk bila telah punya akun
2) Menambah teman, untuk menemukan teman anda. masukkan nama akun facebook teman anda pada kotak pencarian
3) Membuat Status Baru, di Beranda Masukkan apa yang anda pikirkan di Perbaharui Status, kemudia klik Kirim
4) Memberi Komentar, Cukup klik Suka, dan Masukkan Komentar anda, lalu tekan enter untuk menyimpan komentar anda
5) Membagi Status, cukup dengan klik bagikan, namun ketika kita hendak membagikan status, kita akan ditanya mau dibagiin kemana ,,, trus baru klik Bagikan Status.
6) Bergabung dengan halaman Facebook, Kita dapat bergabung dengan Halaman Facebook, atau yang biasa disebut dengan Fanspage dengan cara menyukai halamannya, dengan begitu berita berita baru pada halaman tersebut akan muncul pada beranda kita. Kunjungi Halamannya lalu klik
7) Bergabung dengan Group, Temukan grub yang anda inginkan untuk bergabung di dalamnya, buka halaman grubnya, kemudian klik Bergabung dengan grub ... Lalu, anda harus menunggu respon dari Admin grub untuk menerima permintaan anda



9. Blog
a. Sejarah.
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Netscape . Kemudian pada Januari 1994, Justin Hall memulai website pribadinya Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis.Semenjak itu blog makin hari makin bertambah.

b. Fungsi dalam pembelajaran.
1. Blog Guru sebagai Pusat Pembelajaran
Guru dapat menuliskan materi belajar, tugas, maupun bahan diskusi di blognya,kemudian para muridnya bisa berdiskusi dan belajar bersama-sama di blog gurunya tersebut. Keuntungan dari metode ini adalah metode ini relatif cepat dan mudah bagi para siswa, karena para siswa tidak perlu membuat blognya masing-masing. Selain itu, karena semua interaksi dilakukan di blog sang guru, setiap aktivitas yang dilakukan oleh para siswa
tersebut dapat dipantau dengan mudah oleh guru tersebut. Hal ini akan meminimalisir adanya kalimat-kalimat negatif dari para siswa tersebut di blog-nya.Guru tentu saja harus mempromosikan blog-nya di kelas setiap kali dia mengajar, agar para siswa mengetahui tentang blog tersebut.

2. Blog Guru dan Blog Murid yang Saling Berinteraksi
Guru, yang harus memiliki blog, mengharuskan murid memiliki blog-nya masing-masing, sebagai sarana mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya. Metode ini bisa memacu iklim kompetisi antar siswa, karena tentu saja para siswa ingin blognya menjadi yang terbaik.
Kelebihan yang cukup signifikan dari metode kedua ini dibandingkan dengan metode pertama adalah bahwa para siswa akan memiliki semangat yang lebih dalam berkompetisi dengan teman-temannya.Tentu saja iklim kompetisi ini harus ditumbuhkan oleh guru dengan cara memberi berbagai bonus baik itu bonus nilai maupun bonus di dunia nyata bagi siswa yang blog-nya diurus dengan rutin dan serius.Apabila hal ini dilakukan secara berkala, setiap siswa pun akan terbiasa menulis dan membaca. Hal ini akan membuat para
siswa menjadi selangkah lebih maju secara intelektual.

3.Komunitas Blogger Pembelajar
Ada sebuah blog sebagai pusat pembelajaran (bisa berupa blog aggregator atau blog dengan beberapa kontributor), dengan guru-guru dan siswa dari berbagai sekolah bisa tergabung dalam komunitas blogger pembelajar tersebut. Sebuah blog yang agak mirip dengan konsep ini tapi belum dimanfaatkan sebagi media pembelajaran bagi para muridnya adalah blog.


c. Cara penggunaan
1) Sig in pada, Blogger.com atau wordpress.com, bila belum punya akun klik register
2) Buat judul dan alamat blog
3) Tulis artikel untuk membuat artikel baru, kemudian publish


10. E-book
a. Sejarah
Seiring dengan berkembang pesatnya e-learning, maka dibutuhkan pula buku yang dapat dikirim melalui teknologi internet dan dibaca dengan menggunakan computer atau perangkat lain yang disebut e-book reader. Dan karena buku tersebut bersifat elektronik, maka orang menyebutnya e-book atau elektronik book.

E-book atau buku elektronik adalah salah satu bentuk teknologi yang memanfaatkan computer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Bentuk e-book pun bermacam-macam, mulai dari bentuk yang paling sederhana yang sekedar memindahkan buku konvensional menjadi bentuk soft-copy atau elektronik dan dapat dibaca melalui computer. Dengan teknologi ini ratusan buku dapat disimpan dalam sekeping CD maupun flashdisk, karena umumnya e-book seperti ini berukuran kurang dari 5 MB.

Selain e-book dalam bentuk sederhana, ada juga e-book yang lebih kompleks yang mengintegrasikan tayangan video, efek animasi, audio, gambar, dan unsur multimedia lainnya. Dan biasanya e-book jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dibanding e-book yang hanya berisikan teks dan gambar saja. Contohnya adalah Seri Encarta Encyclopedia keluaran Microsoft.

b. Fungsi dalam pembelajaran. Beberapa keuntungan eBook dalam pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Mobility
Kegunaan yang paling menonjol dari eBook adalah kemudahan untuk dibawa dan dibuka melalui bermacam-macam perangkat digital yang bisa dibawa kemana saja. Teknologi eBook didesain untuk beberapa perangkat digital contohnya: Smartphone, Ipad, tablet, PDA, netbook, laptop dan lain-lain.
2. Ease of Updating Content
Karena format eBook dalam bentuk digital maka salah satu kelebihan eBook adalah kemudahan untuk melakukan pengeditan, meng-update dan mempublikasikannya kembali kepada para pembaca.
3. Cost Effective Publication
Pada cetakan tradisional dibutuhkan waktu yang lama dan proses yang cukup panjang dalam hal mempublikasi dan mendistribusikan. Berbeda halnya dengan eBook yang tidak menimbulkan biaya apapun dalam hal memperbaharui, meng-edit dan publikasi atau distribusi ulang. Oleh karenanya, manfaat eBook bagi para penulis yaitu hemat biaya distribusi ulang. Penulis dapat meng-update tulisannya lebih sering sesuai kebutuhannya.
4. Multimedia Capability
Manfaat istimewa eBook yaitu dengan mudah dapat berintegrasi dengan elemen-elemen multimedia (video, audio, interactive graphics, dan sebagainya).

c. Cara penggunaan
Membuka e-book dengan aplikasi adobe reader atau sejenis.


11. E-learning
a. Sejarah.
E-learning atau pembelajaran elektronik pertama kali diperkenalkan oleh universitas llionis di Urbana-Champaign dengan menggunakan sistem instruksi berbasis
komputer (computer assisted instruktion) dan komputer bernama PLATO. Sejak saat itu, perkembangan E-Learning berkembang sejalan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi. Berikut perkembangan E-Learning dari masa ke masa :
a. Tahun 1990 : Pada masa CBT (Computer-Based Training) di mana mulai bermunculan aplikasi E-Learning yang berjalan dalam PC standlone ataupun berbentuk kemasan CD-ROM. Isi materi dalam bentuk tulisan maupun multimedia (Video dan Audio) dalam format mov, mpeg-1, atau avi.
b. Tahun 1994 : Seiring dengan diterimanya CBT oleh masyarakat sejak tahun 1994 CBT muncul dalam bentuk paket-paket yang lebih menarik dan diproduksi secara masal.
c. Tahun 1997 : LMS (Learning Management System). Seiring dengan perkembangan teknologi internet, masyarakat di dunia mulai terkoneksi dengan internet. Kebutuhan akan informasi yang dapat diperoleh dengan cepat mulai dirasakan sebagai kebutuhan mutlak dan jarak serta lokasi bukanlah halangan lagi. Dari sinilah muncul LMS. Perkembangan LMS yang makin pesat membuat pemikiran baru untuk mengatasi masalah interoperability antar LMS yang satu dengan lainnya secara standar. Bentuk standar yang muncul misalnya standar yang dikeluarkan oleh AICC (Airline Industry CBT Commettee), IMS, IEEE LOM, ARIADNE, dsb.
d. Tahun 1999 sebagai tahun aplikasi E-learning berbasis Web. Perkembangan LMS menuju aplikasi e-learning berbasis Web berkembang secara total, baik untuk pembelajar (learner) maupun administrasi belajar mengajarnya. LMS mulai digabungkan dengan situs-situs informasi, majalah dan surat kabar. Isinya juga semakin kaya dengan perpaduan multimedia, video streaming serta penampilan interaktif dalam berbagai pilihan format data yang lebih standar dan berukuran kecil.

b. Fungsi dalam pembelajaran.
1) Dengan e-learning, pembelajaran lebih hemat dari segi waktu. Siswa tidak perlu lagi mencatat pelajaran yang dituliskan guru pada papan tulis seperti pada zaman dulu. Siswa dapat meng-copy pelajaran yang guru berikan melalui media flashdisk atau cd. Atau bisa juga guru mengirimkan email silabus materi pekanan yang dipelajari. Secara langsung, guru pun menjadi lebih ringan karena tidak perlu menuliskan materi pada papan tulis.
2) Dengan e-learning, pembelajaran lebih hemat dari segi biaya. Siswa tidak lagi diharuskan mempunyai buku pelajaran, karena buku-buku pegangan itu bisa diperoleh dengan mengunggah buku sekolah elektronik yang ada. Jadi siswa pun tidak perlu membawa tas yang berat berisikan buku-buku pelajaran. Begitu juga, guru cukup membuka laptop atau netbooknya ketika mengajar di kelas.
3) Dengan e-learning, pembelajaran membuat siswa aktif. Siswa yang didampingi orangtua menjadi lebih aktif untuk mencari sendiri buku pelajaran yang dibutuhkan, mengerjakan tugas sekolah seperti kliping dengan bantuan internet.
4) Dengan e-learning, pembelajaran menjadi menyenangkan. Siswa tidak lagi jenuh belajar di kelas dengan selalu duduk manis. Pembelajaran bisa juga diselingi dengan menonton film yang tetap dalam koridor atau tema belajar. Dengan menyeimbangkan antara otak kanan dan kiri, penerimaan materi pada siapa pun akan menjadi lebih mudah. Siswa senang dalam belajar, guru pun menjadi lebih mudah dalam mengajar.

0 komentar:

Posting Komentar